7 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis

by -3 views

Cloud Penyimpanan atau diketahui dengan bahasa baku komputasi awan ialah satu service penyimpanan data online yang terpadu serta tersinkronisasi lewat internet serta bisa di akses dengan memakai bermacam basis (OSX, iOS, Windows, WindowsMobile, Android, Linux, Blackberry, Symbian dan sebagainya). Komputasi awan jadi omongan di dunia IT sekian tahun akhir-akhir ini sejak hadirnya Dropbox yang mengenalkan feature Desktop Sync Clients mana yang proses penyelarasan data secara automatis lewat folder spesial Dropbox dalam desktop.

Beberapa pemain besar dunia IT tidak kalah bereksperimen, Apple datang dengan iCloudnya serta tampilkan video presentasi yang membuat decak takjub bukan hanya dari kelompok fanboy Apple dan juga ke publik banyak. Pemain besar dunia IT yang lain misalnya: Google, Microsoft sampai Amazon ikut peran mengenalkan produk terkini mereka dalam peta kompetisi komputasi awan. Berikut saya me-review beberapa layanan komputasi awan yang gratis serta benar-benar bermanfaat dalam memberikan dukungan kerja anda.

iCloud

iCloud adalah service komputasi awan untuk penyimpanan data yang exclusive untuk iDevice atau beberapa produk Apple misalnya: iMac, Macbook, iPad, iPhone serta iPod Touch. Keringanan integratif serta penyelarasan secara automatis data-data misalnya: Apps, iTunes, Foto Stream, Documents, iBooks, Kontak, Mails dan sebagainya untuk semua iDevice Apple jadi feature yang difavoritkan di iCloud. Cukup hanya masukkan Apple id di semua piranti iDevice karena itu data-data di satu produk iDevice dapat dijangkau untuk iDevice yang lain. Service iCloud dapat dipakai minimum untuk semua iDevice dengan OSX lion 1.7.2 serta iOS 5 keatas.

Meskipun service iCloud telah dibuka untuk umum, sampai sekarang ini cuman di basis Windows yang disiapkan. Untuk memakai iCloud di Windows, memerlukan OS Windows Vista Servis Pack 2 atau Windows Seven. Untuk beberapa langkah settingnya di Windows dapat disaksikan di sini.

Platform yang didukung: Mac, iOS, Windows, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: +10 GB ($20 / tahun) , +20 GB ($40 / tahun) dan +50 GB ($100 / tahun).
Fitur utama: sinkronisasi data secara otomatis dan real-time di seluruh perangkat iDevice.

Dropbox

Dropbox dapat disebutkan selaku pion service komputasi awan yang revolusioner. Dibangun di tahun 2007 oleh Drew Houston serta Arash Ferdowsi, sekarang Dropbox telah layani lebih dari 50 juta pemakai serta jadi pemain inti dalam service komputasi awan. Dengan salah satunya feature magisnya yakni: penyelarasan data secara automatis lewat folder spesial Dropbox di desktop (Desktop Sync Clients).

Feature Dropbox yang paling bermanfaat yang lain misalnya: keringanan share folder data sama orang lain serta feature push unduh secara automatis cukup hanya click link unduh tak perlu masuk di situs situs. Dropbox memberi kemampuan data gratis cuman sejumlah 2 GB yang dapat di up-grade sampai 18 GB lewat program link rujukan (referal link) ke rekan-rekan anda.

Platform yang didukung: Windows, Mac, Linux, Android, iOS, Blackberry, Web.
Kapasitas data gratis: 2 GB (upgrade hingga 18 GB).
Harga untuk tambahan kapasitas data: +50 GB ($9.99 / bulan atau $99.00 / tahun), +100 GB ($19.99 / bulan atau $199 / tahun).
Fitur utama: sinkronisasi data melalui folder lokal dropbox di desktop dan kemudahan berbagi folder dengan orang lain.

Google Drive

Lawan paling besar dari Dropbox di service komputasi awan adalah raja usaha online yakni Google. Google benar-benar serius untuk menyaingi Dropbox, lewat service terbaru yakni Google Drive. GDrive (baca: Google Drive) adalah evolusi dari Google Docs, yang sekarang lewat GDrive semua pemakai dapat share macam data apa tidak terbatasi cuman file dokumen kembali.

Dengan feature favorit yang serupa seperti Dropbox, yakni penyelarasan data lewat folder spesial dalam desktop atau bisa lebih diketahui dengan Desktop Sync Clients. GDrive memberi kemampuan gratis sejumlah 5 GB serta tentu saja sejumlah fitur yang terpadu dengan service Google yang lain misalnya: Gmail, G+ serta Google Search. Feature yang dapat digaris bawahi dari GDrive ialah API’s untuk beberapa Developer. Sampai sekarang GDrive sudah tersambung dengan beberapa puluh program faksi ke-3 yang dapat disaksikan di sini.

Platform yang didukung: Windows, Mac, Android, Web, iOS (segera), Linux (segera).
Kapasitas data gratis: 5 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: +25 GB ($2.49 / bulan) dan +100 GB ($4.99 / bulan).
Fitur utama: aplikasi editor via web khusus untuk data-data berupa dokumen (Docs, Excel dan Powerpoint) dan terintegrasi dengan puluhan aplikasi pihak ketiga.

OneDrive

Microsoft pun tidak ingin kalah untuk turut bertanding di ajang service komputasi awan. Microsoft mendatangkan Onedrive yang dikeluarkan nyaris bertepatan waktu Google mengenalkan GDrive. Mengikuti feature seperti Dropbox, yakni Desktop Sync Clients, OneDrive mendatangkan feature editor lewat situs untuk file-file dokumen (Docs, Excel, Powerpoint serta OneNote).

OneDrive bukan hanya ditingkatkan di dalam basis Windows serta Windows Mobile saja dan juga memberikan dukungan basis OSX serta iOS. Berita terkini untuk peningkatan OneDrive, Microsoft telah memadukan OneDrive ke dalam OS terkini Windows yakni Windows 10.

Platform yang didukung: Windows, Mac, Windows Mobile, iOS, Web Android.
Kapasitas data gratis: 7 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: +20 GB ($10 / tahun), +50 GB ($25 / tahun) dan +100 GB ($50 / tahun).
Fitur utama: aplikasi editor via web untuk file yang berupa dokumen (Docs, Excel, Powerpoint dan OneNote).

SugarSync

SugarSync adalah service komputasi awan yang lain yang cukup populer serta jadi pilihan opsi kecuali Dropbox. Dengan feature penting yang serupa seperti Dropbox serta yang lain yakni Desktop Sync Clients, SugarSync lebih memberikan kelonggaran dengan bebas tentukan folder yang mana akan disinkronisasikan.

SugarSync benar-benar jamin perlindungan serta keamanan data-data kita lewat metode pengangkutan file yang memakai enkripsi TLS (SSL 3.3). Disamping itu SugarSync sediakan servicenya ke semakin banyak basis mobile yakni: iOS, Android, BlackBerry, Windows Mobile serta Symbian.

Platform yang didukung: OSX, iOS, Android, BlackBerry, WindowsMobile, Windows, Symbian, Outlook, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: +30 GB ($4.99 / bulan atau $49.99 / tahun), +60 GB ($9.99 / bulan atau $99.99 / tahun) dan +100 GB ($14.99 / bulan atau $149.99 / tahun).
Fitur utama: proteksi dan keamanan data-data dengan sistem pengiriman file menggunakan enkripsi TLS (SSL 3.3).

Box

Box adalah service komputasi awan yang lebih konsentrasi untuk tangani kelas Business serta Enterprise IT. Tidak ada feature Desktop Sync Clients untuk pemakai kelas Individual serta cuman memberi kemampuan penyimpanan gratis sejumlah 5 GB. Dengan sasaran pasar Box untuk kelompok Business serta Enterprise tentu saja sejumlah fitur yang dijajakan benar-benar kaya sekali. Dimulai dari feature kerjasama serta share data, administrator serta kontrol keamanan, sampai terpadu ke service salesforce.

Platform yang didukung: OSX, iOS, Android, BlackBerry, Windows, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: Personal +25 GB ($9.99 / bulan) dan +50 ($19.99 / bulan), untuk kelas Business dan Enterprise bisa dilihat disini.

Amazon Cloud Drive

Satu service terkini dari Amazon serta turut memeriahkan kompetisi di komputasi awan, Amazon datang dengan Amazon Cloud Drive. Walaupun termasuk baru, tapi ACDrive (baca: Amazon Cloud Drive) cukup pantas diakui di dalam ajang ini. Memiliki nama besar Amazon serta dengan suport service host data Amazon yang populer yakni W3S tidak salah ACDrive menjadi kuda hitam dalam service komputasi awan. Silahkan kita nantikan peningkatan dari ACDrive seterusnya.

ACDrive masih terhalang dengan tidak terdapatnya feature Desktop Sync Clients, tapi anda dapat coba membuat metode Desktop Sync Clients.

Platform yang didukung: OSX 6.0 (snow leopard), 7.0 (lion), Windows Vista, Windows 7, Web.
Kapasitas data gratis: 5 GB.
Harga untuk tambahan kapasitas data: +20 GB ($20 / tahun), +50 GB ($50 / tahun), +100 GB ($100 / tahun), +200 GB ($200 / tahun), +500 GB ($500 / tahun), +1000 GB ($1000 / tahun).

Penutup

Tidak dapat diragukan kembali, perubahan komputasi awan bawa kompetisi yang ketat ke beberapa pemain besar dunia IT. Tiap service atau featurenya harus diperhitungkan secara optimal. Bagaimana menurut anda? Service komputasi awan mana yang anda gunakan? Silahkan share pengalaman serta beberapa info sekitar komputasi awan lewat tanggapan.