Makin Canggih, Berikut Fitur Baru Android 11 Yang Perlu Anda Tahu

by -1 views

Android semakin memperbarui versinya dengan mengembangkan android versi 11 yang bisa dicoba oleh para pengguna ponsel Pixel. Biasanya Google akan memperkenalkan sistem operasi Android teranyar setiap tahunya dalam gelaran I/O. Beberapa hari lalu, Google telah mengumumkan bocoran dari adanya fitur Android versi 11 tersebut. Nah daripada penasaran, yuk simak fitur unggulan Android 11 berikut.

Fitur yang Dikabarkan Akan Ada di Android Versi 11

1. Akses Lokasi yang Diperketat

Google kini tampaknya akan lebih memperhatikan privasi dari para pengguna. Pada Android versi 11 nanti, kabarnya Google akan memperketat perizinan akses lokasi yang berjalan di latar belakang. Alasanya karena selama ini banyak sekali aplikasi yang mengaku selalu membutuhkan akses lokasi pengguna. Padahal tanpa akses tersebut, aplikasi akan tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya.

2. Kamera dan Mikrofon Hanya Akan Aktif Saat Digunakan

Keunggulan lain dari android versi 11 adalah membatasi akses aplikasi terhadap pengguna. Akses lokasi ini hanya akan diberikan ketika aplikasi dalam kondisi aktif, bukan berjalan di dalam background Nantinya pihak Google akan menerapkan akses ini untuk lokasi, kamera dan mikrofon yang akan membatasi akses penggunannya. Sehingga aplikasi kamera dan mikrofon hanya akan aktif ketika aplikasi dibuka. Setelah ditutup maka akses lokasi tidak dapat dilakukan.

3. Adanya Gelembung Notifikasi

Salah satu keunggulan Android 11 adalah akan adanya gelembung notifikasi atau bubbles yang memungkinkan untuk muncul dalam ukuran yang kecil di layar. Lebih tepatnya konsep aplikasi ini akan sangat mirip dengan pop-up yang biasa digunakan untuk membalas pesan dengan cepat. Pengguna hanya perlu mengetuk gelembung notifikasi untuk membuka aplikasi dan mengetuk gelembung lagi untuk mengecilkannya.

4. Mudah Untuk Melakukan Update di Play Store

Seperti Android 10, android versi 11 juga akan memperbarui beberapa elemen di bagian sistemnya. Hal ini bertujuan untuk leluasa memperbarui aplikasi secara langsung tanpa melibatkan pengembang. Android terbau ini akan mengalami beberapa peningkatan modul sistem aplikasi. Dalam hal ini termasuk pengaturan untuk mengontrol akses privasi ke penyimpanan internal dari Android 11 dan akan menangani sistem antarmuka aplikasi.

5. Menyimpan SIM Digital

Fitur satu ini bisa dibilang ssangat menarik, karena Google akan menambah fitur penyimpanan SIM digital secara khusus. Namun sayangnya tidak semua negara sudah memberlakukan sistem digital ini termasuk Indonesia. Salah satu negara yang akan mengadopsi sistem digital ini adalah Merika Serikat. Bentuknya seperti aplikasi dan akan menggunakan sidik jari untuk log in. Setelah selesai log in, kartu SIM digital akan langsung terpampang.

6. Adanya Fitur Screenshot yang Lebih Lengkap

Fitur screenshot menjadi salah satu fitur yang cukup penting saat ini. Nantinya di android versi terbaru ini akan menambahkan tool untuk menangkap gambar yang berformat panjang. Artinya gambar yang akan tertangkap tidak hanya berada di area layar saja, namun keseluruhan gambar yang digulir dari atas ke bawah. Google juga akan menambahkan fitur screen recorder pada bawaan menu quick setting Android 11 yang biasanya digunakan untuk mereka kegiatan gamer.

Nah itulah beberapa kelebihan yang ada pada Andorid versi 11 yang sudah banyak ditunggu oleh para penggunanya. Banyak sekali kelebihan yang akan di dapatkan oleh para penggunanya mulai dari adanya privasi yang lengkap. Selain itu anda juga akan lebih leluasa untuk menggunakan aplikasi yang anda inginkan, tanpa khawatir adanya permintaan lokasi yang tidak anda inginkan. Sehingga anda tidak perlu terganggu dengan privasi anda.