Yuk Intip Cara Mengirim File Lewat Shareit dari HP ke HP

by -11 views

Dulu pengiriman data dari satu HP ke HP yang lain dilakukan dengan menggunakan bluetooth. Sayangnya pengiriman file dengan cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama terutama jika jumlah file yang dikirim terlalu banyak. Seiring dengan perkembangan teknologi, munculah aplikasi Shareit. Aplikasi ini diklaim dapat mengirim file secara cepat melalui akses WiFi. Untuk mengetahui cara mengirim file lewat Shareit dari HP ke HP, yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Mengirim File dari HP ke HP Melalui Shareit

1. Instal Aplikasi Shareit

Tentunya untuk bisa menggunakan Shareit, anda harus menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Baik perangkat yang mengirim maupun yang menerima file, keduanya harus sama sama sudah menginstalnya. Anda bisa mendownload dan menginstal aplikasi ini dengan mengunjungi Google Play Store apabila menggunakan perangkat android. Pastikan perangkat anda sudah tersambung dengan WiFi, sehingga proses download dan instalasi aplikasi bisa berjalan lebih cepat.

2. Buka Aplikasi dan Pilih File

Jika kedua perangkat sudah dipastikan telah menginstal Shareit, maka pengirim file bisa membuka aplikasi ini dan akan ada pilihan kirim dan terima. Tentu saja jika anda ingin mengirim file maka harus memilih “kirim” atau “send” lalu akan muncul pilihan file yang akan dikirim. Jika ingin mengirim aplikasi, maka anda tinggal memilih App, atau Photo (jika ingin mengirim foto). Intinya tinggal menyesuaikan dengan file yang ingin anda kirimkan ke perangkat yang lain.

3. Pilih Penerima

Setelah memilih file yang akan dikirim, maka anda bisa melanjutkan dengan tap next. Lalu akan muncul avatar pengguna yang sedang aktif di aplikasi Shareit anda. Cara mengirim file lewat Shareit dari HP ke HP  dilanjutkan dengan memilih pengguna yang ingin anda tuju, maka Shareit akan mengirimkan file tersebut kepada si penerima. Tampilan yang muncul berupa persentase file yang telah dikirim. Sedangkan tampilan pada penerima file akan tampak ukuran file yang sedang diterima.

Selanjutnya anda tinggal menunggu proses pengiriman selesai. Namun, bisa dipastikan jika waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama. Apabila mengalami masalah tidak dapat menemukan perangkat penerima maka anda harus memastikan terlebih dahulu jika penerima juga terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan perangkat anda. Penyebab transfer file yang lama bisa jadi karena jarak perangkat antara pengirim dan penerima yang terlalu jauh .

4. Ketentuan menggunakan Shareit

Shareit bisa digunakan untuk semua perangkat smartphone mulai dari Samsung, Xiaomi, Sony. Vivo, hingga Oppo. Selain dapat digunakan untuk transfer antar smartphone, Shareit juga bisa dipakai untuk transfer file antara dari laptop ke smartphone atau sebaliknya. Berbagai perangkat komputer yang mendukung penggunaan aplikasi ini mulai dari     Lenovo, HP, ASUS, hingga Samsung. Namun, sebelumnya perangkat komputer juga sudah harus menginstal Shareit terlebih dahulu.

Cara mengirim file lewat Shareit dari HP ke HP ini tidak membutuhkan akses internet maupun bluetooth melainkan WiFi. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu jika sebelumnya perangkat anda sudah terkoneksi dengan WiFi. Untuk penggunaan aplikasi ini juga tidak berbayar alias gratis. Sehingga sangat disayangkan jika anda tidak menginstalnya. Namun, sebelum mengirim file terutama video, pastikan jika format file tersebut bisa dibuka oleh perangkat yang menerimanya.

5. Keuntungan Menggunakan Shareit

Ada banyak keuntungan yang diperoleh saat menggunakan Shareit, diantaranya pengiriman file yang lebih cepat. Selain itu, transfer file juga tidak menggunakan internet, melainkan WiFi sehingga anda bisa lebih hemat kuota. Namun, kecepatan transfer file dipengaruhi oleh ukuran file yang akan dikirim dan kekuatan WiFi yang digunakan. Jika ukuran file yang akan dikirim sangat besar  dan WiFi melambat, maka  cara mengirim file lewat Shareit dari HP ke HP  ini lebih lama. Menggunakan Shareit sebenarnya cukup mudah, karena anda hanya perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Selain itu, perangkat juga harus sudah terkoneksi WiFi. Terutama untuk perangkat iPhone yang mengharuskan pengirim dan penerima terhubung dengan WiFi yang sama. Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan Shareit, diantaranya dapat transfer file lebih cepat, lebih menghemat kuota dan kompatibel untuk semua perangkat.