Pengguna Wajib Tahu 5 Cara Cek Kondisi Baterai Laptop Untuk Pemula

by -3 views

Perangkat elektronik memiliki daya pendukung yang berbeda beda, sehingga cara merawatnya pun berbeda. Jika kamu memiliki perangkat dengan daya listrik, tentu harus dialiri listrik agar dapat digunakan untuk menunjang aktivitas. Sebaliknya, jika kamu memiliki perangkat dengan daya baterai tentu harus diimbangi dengan pengisian daya yang rutin. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara cek kondisi baterai laptop yang mudah dan praktis. Yuk cari tahu di sini!

Cara Mengetahui Infomasi Baterai Komputer Lipat

1. BaterryBar

Aplikasi satu ini berfungsi untuk mengetahui informasi lengkap baterai dengan cukup akurat. Mengunduh aplikasi ini dapat melalui situs resminya lalu diinstall di dalam laptop dan disimpan di drive C. Setelah terpasang, informasi baterai yang kamu butuhkan akan muncul di bagian bawah laptop atau taskbar. Beberapa info yang diberikan, yaitu jumlah baterai yang tersisa, jumlah kapasitas total, konsumsi daya baterai, perkiraan baterai dapat bertahan, dan lain lain.

2. Command Prompt

Salah satu cara mudah mengetahui kesehatan baterai ini tidak membutuhkan aplikasi lain karena telah ada di Windows yang kamu pakai. Cara cek kondisi baterai laptop ini cukup cari Command Prompt lalu bukalah. Setelah itu, ketik perintah Batteryreport agar menampilkan informasi yang kamu butuhkan dalam bentuk direktori file. Yang harus dipastikan kondisi design capacity dan full charge capacity tidak terlalu jauh, jika hal itu terjadi maka harus segera ganti baterai.

3. BatteryInfoView

Cara ketiga ini memerlukan aplikasi tambahan yang dapat kamu peroleh dari situs resminya. Setelah itu, pasanglah di laptop yang kamu miliki dan bukalah aplikasi tersebut. Informasi yang kamu peroleh seputar nama baterai, serial number, dan battery wear level untuk mengetahui kesehatan baterai komputer lipatmu. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengecek catatan penggunaan baterai secara lengkap dengan menekan tombol F8 dan kembali dari log dengan tombol F7.

4. BatteryCare

Aplikasi satu ini dapat kamu unduh melalui situs resminya lalu cukup diinstal dengan mudah di laptop. Informasi yang kamu butuhkan terdiri atas dua jenis, yaitu informasi dasar dan detail. Setelah itu, cara cek kondisi baterai laptop ini membuat kamu mengetahui informasi secara mendalam mengenai baterai perangkat milikmu. Keduanya dapat kamu jadikan acuan untuk mengetahui kesehatan baterai dan memastikannya perlu diganti atau tidak.

5. Battery Status Monitor

Jika kamu membutuhkan informasi seputar kesehatan baterai, banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan. Akan tetapi, jika battery status monitor menjadi pilihanmu makan manfaat yang diperoleh akan semakin banyak. Tidak hanya menampilkan informasi dasar dan kesehatan baterai, kamu juga dapat mengakses power, kecepatan CPU, dan temperature CPU laptop. Aplikasi satu ini cukup ringan dengan kemampuan yang luar biasa banyak.

6. Battery Mon

Rekomendasi aplikasi terakhir untuk mengetahui kesehatan baterai ini lebih lengkap daripada aplikasi lainnya. Kamu dapat mengakses informasi dasar dari baterai komputer lipatmu, sehingga dapat mengetahui daya pengisian dan waktu pemakaiannya. Tidak hanya itu, bahkan kamu juga dapat mengetahui grafik kekuatan baterai dari cara cek kondisi baterai laptop ini. Grafik yang ditampilkan mulai dari kemarin, hari ini, minggu lalu, hingga bulan lalu.

Menariknya, kekuatan baterai dari komputer lipat jarang diketahui oleh pemiliknya, bahkan kesehatan baterai juga tidak diketahui. Hal ini menjadi informasi dasar yang harus diketahui, sehingga kondisi laptop dapat dijaga dengan baik dan dapat bertahan lama. Kamu pun harus memakai laptop sesuai dengan kekuatan daya baterainya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk install aplikasi tambahan ini untuk mengecek kesehatan baterai secara berkala.