Sudah Tahu Cara Menggunakan Zoom Meeting Di Android? Yuk Cek di Sini

by -3 views

Masa pandemi di Indonesia ini telah membuat banyak pekerjaan yang harus dikerjakan di rumah. Bahkan tidak hanya itu, siswa siswi dari semua jenjang diliburkan termasuk mahasiswa sehingga membutuhkan aplikasi yang dapat memuat banyak orang untuk berkomunikasi. Salah satu terobosan baru dengan acara zoom di ponsel pintar. Sudah tahu cara menggunakan zoom meeting di android? Yuk intip ulasan mengenai aplikasi zoom di bawah ini!

Cara Join Instant Meeting

Penggunaan zoom di ponsel pintar ini cukup mudah, sehingga banyak orang yang memilih memakainya. Selain mudah, aplikasi yang dapat kamu peroleh melalui google play store ini juga ringan sehingga tidak membuat ponsel lemot atau lag. Bahkan keuntungan lainnya juga dapat memuat banyak orang dengan komunikasi dua arah yang cukup lancar. Kunci dari meeting dengan aplikasi ini adalah jaringan yang stabil, sehingga pertemuan virtual ini pun lancar.

Langkah pertama yang harus kamu tempuh adalah mencari aplikasi di google play store dan mengunduhnya. Setelah itu, cara menggunakan zoom meeting di android ini harus menginstall di ponsel dan membukanya. Sebelum join instant meeting, pastikan kamu sudah dalam kondisi siap seperti jaringan yang stabil agar suara pun jelas dan jernih. Selain itu, siapkan earphone atau headset agar suara dari luar tidak masuk ke aplikasi yang dapat mengganggu lawan bicara.

Setelah membuka aplikasi, kamu akan dihadapkan pada tulisan Join a Meeting. Dengan begitu, kamu dapat bergabung di dalamnya secara langsung dengan cara mengisi ID meeting. Penting bagi setiap pengguna untuk memiliki ID meeting agar bergabung di meeting yang tepat. Kamu tidak diharuskan memiliki akun zoom sebelum bergaung, tetapi jika ingin memilikinya dapat menekan tab sign up. Setelah itu, pastikan selalu mengingat password yang telah dibuat.

Cara Menggunakan Fitur Zoom

Fitur pertama yang disediakan, yaitu bisa mengatur jadwal meeting dengan orang orang tertentu. Jadwal yang kamu tetapkan hendaknya telah sesuai dengan peserta lainnya agar mereka juga dapat bergabung di saat yang tepat. Cara menggunakan zoom meeting di android ini dimulai dengan sign in lalu klik ikon kalender. Setelah itu, kamu pilih pengaturan meeting yang akan diadakan, seperti topik, tanggal, durasi, video, audio, kalender, dan lain lain.

Hampir 3 bulan, beberapa perusahaan di Indonesia menerapkan sistem bekerja dari rumah, sehingga membutuhkan rapat yang teratur. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengatur ulang jadwal meeting secara berkala, seperti harian, mingguan, atau bulanan. Meeting ini dapat kamu atur dengan dua cara, yaitu mengatur setiap kali akan melakukan meeting atau mengatur dengan 1 URL yang sama agar tidak perlu membuat URL setiap kali melakukan obrolan.

Pembicaraan dengan zoom tidak hanya diperuntukkan tatap muka dengan lawan bicara, sehingga kamu dapat memilih fitur lainnya. Pilihlah Start With no Video jika kamu tidak ingin pembicaraan yang menampilkan wajah. Setelah itu, tersedia tiga pilihan, yaitu meeting tanpa video hanya audio, berbagi konten dengan audio tanpa video, dan mengundang orang lainnya. Cara menggunakan zoom meeting di android ini cukup mudah karena banyak fitur menarik.

Beberapa pekerjaan memang tidak dapat diselesaikan hanya melalui briefing tertulis, sehingga kebijakan perusahaan mengharuskan karyawannya untuk bertatap muka. Selama karantina ini, kamu dapat memanfaatkan pertemuan virtual dengan memanfaatkan aplikasi zoom di ponsel pintar. Tersedia beberapa fitur menarik yang dapat digunakan dan cara bergabung meeting yang cukup mudah. Sudahkah kamu mencoba kemudahan dari aplikasi zoom ini?