Mudah dan Tidak Ribet, Yuk Cari Tahu Cara Screen Capture Di Android

by -3 views

Ponsel adalah menjadi salah satu sarana untuk bertukar pikiran atau informasi, baik secara tulis, gambar, maupun video. Secara tulis, dapat dibagikan dengan mengetiknya dan untuk video kamu dapat mengirimkan linknya. Sedangkan informasi berupa gambar dapat kamu peroleh dengan cara screen capture di android secara konvensional, yaitu menekan tombol power dan volume down secara bersamaan selama beberapa detik. Yuk intip cara unik lainnya di sini!

Cara Menangkap Layar Ponsel Android yang Unik

1. Menggunakan Tombol Home

Cara ini adalah cara yang cukup umum dan telah lama diterapkan oleh salah satu vendor ponsel terbaik di Indonesia. Menekan tombol home fisik dan power biasanya dipakai oleh ponsel Samsung Galaxy yang dilengkapi dengan tombol home fisik. Setelah menakan kedua tombol secara bersamaan, layar ponsel akan mengambil tangkapan layar dengan ditandai kilatan putih di layar tersebut. Ponsel Samsung yang tidak memiliki tombol home, pakai cara konvensional.

2. Menggunakan Swiping Gesture

Tangkapan layar dengan cara ini juga diterapkan pada ponsel besutan Samsung pada seri Galaxy S3 ke atas. Yang perlu kamu lakukan dalam cara screen capture di android ini cukup mudah, yaitu letakkan tangan secara vertikal dengan posisi karate chopping di salah satu sisi layar. Setelah itu, gerakkan tangan secara perlahan ke sisi lainnya seperti melakukan scanning. Proses penangkapan layar ini ditandai dengan notifikasi di ponsel pintarmu.

3. Menggunakan Stylus

Kembali dimiliki oleh ponsel pintar besutan Korea Selatan pada seri tertentu yang dilengkapi dengan S Pen. Cara ini cukup eksklusif karena ponselnya pun tidak dimiliki sembarang orang, yaitu Samsung Galaxy Note. Cara screenshot ini cukup dilakukan melalui air command yang otomatis aktif saat kamu mengambil S Pen. Setelah itu, keluarlah beberapa mode yang tersedia di air command dan dapat memilih mode yang kamu inginkan untuk menangkap layar.

4. Menggunakan Screencast

Cara untuk menangkap layar satu ini memanfaatkan aplikasi tambahan yang disediakan oleh google play store. Aplikasi ini sebenarnya berfungsi untuk merekam layar ponsel yang tidak dilengkapi fitur merekam layar. Cara screen capture di android ini cukup dengan menekan start recording agar dapat mulai merekam layar ponsel. Setelah itu, proses ini dapat kamu akhiri dengan menekan stop recording, sehingga file akan tersimpan di tempat penyimpananmu.

5. Menggunakan Google Assistant

Tahukah kamu bahwa android adalah ponsel pintar yang dilengkapi dengan fitur fitur menarik, seperti penggunaan google assistant untuk menangkap layar. Caranya sangat mudah, cukup katakana Ok Google, Take a Screenshot dengan pelafalan yang benar dan tepat. setelah itu, ponsel akan melakukan tugasnya dan menyimpan file di GUI Google Assistant. Menariknya, gambar yang telah diperoleh dapat kamu buat menjadi shortcut sehingga mudah untuk dikirim.

Shortcut yang telah kamu buat dapat dikirim secara langsung ke teman atau diedit terlebih dahulu dengan menggunakan aplikasi lain. Hasil dari screenshot ini pun dapat kamu back up dengan memasukkannya ke Google Photo agar file ini dapat kamu cari ketika tiba tiba hilang, Cara screen capture di android ini juga dapat digunakan oleh semua jenis ponsel pintar dengan keluaran terbaru. Dan dapat memback up secara otomatis seterusnya di Google Photo.

Menangkap layar memang dapat dilakukan dengan beberapa cara, bergantung jenis ponsel yang kamu miliki. Untuk ponsel keluaran Oppo pun dapat melakukan screenshot dengan tiga jari yang diletakkan di atas notch, lalu diusap ke bawah. Cara untuk screenshot layar ponsel ini memudahkan kamu untuk memperoleh gambar yang kamu sukai atau ingin bagikan dengan teman. Gambar yang telah discreenshot pun secara otomatis tersimpan dalam galeri.