Yuk Intip Cara Menggunakan Fitur Baru Facebook Transfer Data ke Google Photos

by -31 views

Perkembangan teknologi digital mendorong munculnya beragam media sosial termasuk facebook. Meskipun sudah ada sejak lama, media sosial ini masih saja digunakan oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari pengembangan yang terus dilakukan termasuk menghadirkan fitur baru untuk mentransfer data ke Google Photos. Bagi anda yang penasaran dari fitur baru facebook ini, berikut keuntungan dan cara transfer data dari facebook ke google photos.

Cara Transfer Foto dan Video Melalui Facebook ke Google Photos

Baru baru ini Facebook memberitahukan jika sedang merilis fitur terbarunya yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transfer seluruh koleksi foto maupun video yang ada di dalam album facebook ke penyimpanan Google Photos. Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak bulan April 2020 lalu. Sayangnya penggunaannya masih hanya bisa dilakukan di wilayah Amerika Serikat saja. Namun, saat ini fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna facebook.

Cara menggunakan fitur ini juga terbilang cukup mudah yaitu melalui pengaturan atau Facebook Setting. Setelah itu, anda bisa memilih menu “Akses Informasi Anda”. Lalu perhatikan “Privacy Setting” dengan melihat log aktivitas. Selanjutnya anda bisa pilih “Facebook’s Access Your Information” untuk mendapatkan update dari fitur transfer data ke Google photos. Lalu pilih “Transfer Copy of Your Photos or Video” untuk menikmati fitur baru facebook ini.

Selanjutnya pilih view untuk meninjau file atau video dari facebook yang akan ditransfer ke google photos. Namun, sebelum transfer foto atau video anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Jadi pastikan jika anda mengingat nomor telepon atau email beserta kata sandi yang didaftarkan untuk akun facebook anda. Lalu, anda akan diminta untuk memilih google photos sebagai tempat menyimpan foto dan video tersebut.

Setelah itu, jika perangkat anda sudah terpasang dan terhubung dengan Google photos, maka anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan klik “confirm transfer” sebelum bisa melakukan transfer data tersebut. Tidak lama setelah itu, anda akan mendapatkan pemberitahuan lewat facebook maupun email yang sudah terhubung, apabila transfer data berupa foto atau video ke Google Photos telah berhasil dilakukan. Cara yang mudah bukan?

Keuntungan Menggunakan Penyimpanan Google Photos untuk Data di Facebook

Sebagai salah satu media sosial yang masih eksis, facebook sudah menghadirkan fitur untuk berbagi foto maupun video sudah sejak lama. Pengguna facebook banyak yang sudah memanfaatkan media sosial ini, bahkan mungkin sudah 10 atau 15 tahun. Tentunya ada beberapa foto lama yang masih bisa anda temukan di facebook. Mungkin banyak kegiatan yang selalu anda abadikan dan menjadikan facebook sebagai media penyimpanan foto tersebut.

Maka bisa dikatakan jika fitur baru facebook ini sangat berfungsi. Foto yang tersimpan di facebook tidak hanya satu dua saja melainkan sangat banyak sekali. Mungkin sudah mengelompokkannya ke dalam album yang berbeda beda. Foto kelulusan, foto bersama teman, foto keluarga hingga foto saat menikmati liburan. Bahkan mungkin anda kesulitan mencari cari foto saat dulu di perangkat anda, yang ternyata foto tersebut masih tersimpan di facebook.

Dengan adanya fitur ini tentunya anda bisa menyimpan foto foto tersebut lebih baik. Selain dapat menyimpan data di google photos, pengguna juga bisa mengurasi foto atau video yang dinilai paling bagus dari lawas hingga yang baru, sebelum nantinya dipindahkan ke Google Photos. Dengan demikian, anda bisa menggunakannya lagi dalam bentuk yang lain maupun sekadar dibagikan kembali ke media sosial yang lain seperti twitter maupun instagram.

Menyimpan Foto di Google photos tentunya memiliki banyak keuntungan karena dilengkapi dengan fitur pencarian foto. Jika dilihat sekilas, memang tampak seperti galeri. Namun penyimpanan foto ini sebenarnya hampir sama dengan Google Drive. Google Photos secara otomatis memberikan tag ke foto yang anda simpan berdasarkan lokasi, pengenalan wajah hingga jenis gambar, sehingga anda lebih mudah menemukan foto dengan fitur baru facebook ini.

Cara mentransfer data dari facebook ke google photos sebenarnya sangat mudah dilakukan, yaitu melalui menu pengaturan. Namun, sebelum memindahkan data, anda harus melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, maka anda akan mendapatkan notifikasi melalui facebook maupun email. Adanya fitur ini dapat membantu anda menyimpan foto dengan baik. Selain itu, anda bisa memilih foto yang paling bagus sebelum dipindahkan ke Google Photos.