Kabar Gembira untuk Pengguna Ojol, Aplikasi Gojek dan GrabBike Bisa Dipakai Kembali

by -2 views

Pengguna setia ojol pada aplikasi Gojek dan GrabBike memang cukup banyak. Awal kemunculan kedua aplikasi ini memang untuk layanan ojek. Namun, belakangan keduanya merilis banyak fitur baru mulai dari layanan pembelian makanan hingga belanja. Sayangnya, pandemi virus corona yang juga dirasakan di Indonesia mengharuskan keduanya menonaktifkan layanan ojek online. Kini, layanan Go Ride dan GrabBike muncul kembali di aplikasi.

Hadirnya Layanan Ojek Online yang Sempat Menghilang

Setelah menghilang sekitar dua bulan lamanya, layanan ojek online dari Gojek dan Grab sudah bisa digunakan kembali. Tidak dihadirkannya kedua layanan tersebut mengingat pada waktu itu sedang diberlakukan Peraturan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) oleh pemerintah DKI Jakarta. Namun, karena pemerintah DKI Jakarta sudah memberlakukan PSBB transisi, maka layanan ojek online sudah bisa beroperasi lagi, namun harus dengan protokol COVID-19.

Pengoperasian ojol ini juga sudah dituangkan ke dalam Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Nomor 105 Tahun 2020 mengenai Pengendalian Sektor Transportasi untuk pencegahan COVID-19 pada masa Transisi menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif. SK ini sudah dikeluarkan pada tanggal 5 Juni 2020 dan telah ditandatangani oleh Kadishub DKI yaitu Syafrin Liputo, dimana salah satu poinnya menyatakan jika ojol mulai beroperasi pada tanggal 8 Juni 2020.

Anda pun saat ini bisa langsung mencoba untuk membuka aplikasi ini. Maka pada saat membuka  aplikasi Gojek maupun Grab, anda akan disambut dengan ikon driver ojol yang lokasinya dekat dengan titik penjemputan. Sebagaimana pada saat anda menggunakan layanan ojek ini sebelum ada pemberlakukan PSSB. Setelah memasukkan alamat yang ingin anda tuju beserta lokasi penjemputan penumpang, maka kedua aplikasi ini akan memunculkan tarif perjalanan.

Selanjutnya jika anda memilih untuk memesan, maka aplikasi ini akan mencarikan anda driver. Dan tidak dalam waktu yang lama, anda akan menemukan mitra pengemudi ojol, sehingga anda tinggal menunggu kedatangan driver tersebut. Hal ini berbeda dengan kondisi pada saat diberlakukannya pembatasan sosial. Yang mana meskipun ikon driver muncul di peta, pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan, dan terkadang juga dialihkan untuk layanan mobil.

Keuntungan Menggunakan Layanan Ojek Online

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan ojol, tentu hilangnya layanan ini membuat anda kesulitan. Pasalnya ojek online menawarkan banyak kemudahan di zaman sekarang. Kondisi jalanan yang macet dan dipenuhi dengan kendaraan roda empat, akan semakin sulit jika anda harus mengendarai mobil. Dengan menggunakan layanan ojol pada aplikasi Gojek maupun Grab maka perjalanan lebih cepat karena motor tidak membutuhkan space yang lebar.

Selain itu, harga ojek online juga terbilang cukup terjangkau. Jadi anda tidak perlu khawatir dengan kondisi dompet yang menipis. Bahkan untuk pembayaran dengan GoPay atau OVO biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan pembayaran tunai. Belum lagi jika anda mendapatkan promo, sehingga berkesempatan untuk memperoleh potongan harga saat menggunakan layanan ini. Untuk tarifnya sendiri biasanya tergantung dari jauh tidaknya alamat tujuan dengan lokasi penjemputan, maupun ketersediaan mitra ojol.

Menggunakan ojek online juga bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang malas mengendarai motor. Pasalnya pada waktu waktu tertentu anda merasa kelelahan, yang membuat tidak ingin mengendarai motor sendiri. Dengan memesan ojek online, maka anda sudah bisa pergi kemana mana tanpa harus kerepotan membawa motor. Kondisi ini juga sangat cocok untuk anda yang sedang merantau di luar kota, sehingga tidak ada saudara yang bisa dimintai tolong untuk mengantarkan.

Di sisi lain, anda juga memiliki teman untuk mengobrol selama perjalanan. Para driver ojol aplikasi Gojek maupun Grab, umumnya orang yang ramah dan asyik untuk diajak berbincang bincang, sehingga tidak akan membuat anda merasa bosan. Kualitas driver juga bisa dilihat dari bintang yang dimiliki. Jika anda mendapatkan driver dengan bintang lima, maka bisa dikatakan jika driver tersebut jarang mendapatkan komplain dari pelanggan, karena pelayanannya yang baik dan ramah.

Kabar tentang kembalinya ojek online pada aplikasi Grab dan Gojek tentunya bisa membantu anda yang terbiasa menggunakan layanan ini. Menggunakan ojek online memang banyak keuntungannya, baik dari segi tarif maupun waktu. Selain itu, menggunakan aplikasi ini juga solusi untuk anda yang tidak bisa mengendarai motor. Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selama naik ojol dengan cara menggunakan masker dan membayar secara digital.