4 Penyebab Suara Kita Tidak Terdengar di Zoom dan Cara Mengatasinya

by -69 views

Sejak pertengahan bulan Maret lalu, masyarakat Indonesia melakukan aktivitasnya dengan cukup terbatas. Keterbatasan ini dirasakan oleh para karyawan beberapa perusahaan yang tidak menerapkan bekerja dari rumah. Selain itu, para siswa juga terkena imbasnya sehingga proses belajar mengajar harus dilakukan secara virtual melalui zoom meeting. Akan tetapi, kendala suara kita tidak terdengar di zoom sering kali terjadi. Yuk intip cara mengatasinya di sini!

Penyebab Suara di Zoom Tidak Dapat Didengar

Untuk memanfaatkan aplikasi pertemuan virtual satu ini, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu melalui google play store. Setelah itu, kamu dapat menggunakannya untuk proses belajar mengajar ataupun meeting bersama rekan rekan kantor. Beberapa waktu terakhir zoom dipakai oleh banyak kalangan karena mudah untuk dioperasikan. Meskipun terdengar desas desus kurang aman karena rawan diretas, pengguna aplikasi ini masih sangat tinggi.

Penyebab suara kamu tidak masuk ke dalam aplikasi ini terdapat beberapa alasan. Pertama karena Auto Connect to Audio belum diaktifkan. Penyebab suara kita tidak terdengar di zoom yang pertama ini membuat suara kamu tidak dapat ditangkap oleh lawan bicara karena fiturnya masih dalam keadaan mati. Selain itu, dapat pula disebabkan karena fitur mute masih dalam keadaan hidup. Fitur mute ini berguna untuk mengurangi noise saat orang lain berbicara.

Yang paling penting untuk diingat adalah mengatur tingkat tinggi rendahnya volume audio ponsel pintar. Suara yang masuk ke dalam aplikasi ini harus bisa ditangkap dengan baik agar lawan bicara dapat menangkap maksud dan keinginanmu. Cara ampuhnya gunakan headset atau earphone agar suara semakin jelas dan jernih. Selain itu, pastikan cache ponsel yang kamu gunakan untuk virtual meeting tidak terlalu banyak agar ponsel dapat bekerja maksimal.

Cara Menghidupkan Suara di Zoom

Beberapa waktu diberlakukan peraturan PSBB yang berarti mengurangi pertemuan dalam skala yang besar. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memberlakukan kebijakan agar bekerja secara virtual dengan zoom. Suara kita tidak terdengar di zoom ini menjadi salah satu masalah yang sering dialami karena belum mengetahui cara kerja aplikasi pertemuan virtual ini. Jika permasalahan ini tidak selesai, tentu pekerjaan tidak dapat selesai secara tepat waktu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi zoon di ponsel. Lalu pilih menu setting untuk memastikan pengaturan suara agar dapat didengar oleh lawan bicara. Kemudian pilihlah menu meeting untuk pengaturan meeting yang akan kamu lakukan. Setelah itu, klik pilihan Auto Conect to Audio dan pilihlah Use Internet. Setelah semua proses tersebut aplikasi Zoom dapat kamu gunakan seperti biasa dengan suara yang telah tertangkap.

Jika cara tersebut telah kamu lakukan, seharusnya aplikasi telah berjalan seperti seharusnya. akan tetapi, tidak jarang terjadi masalah atau kendala lagi karena cache yang terlalu besar atau ponsel yang eror. Bersihkan cache agar aplikasi dapat berjalan baik dan solusi terakhir untuk masalah suara kita tidak terdengar di zoom dengan keluar dari aplikasi. Setelah itu, restart ponsel agar dapat mengoperasikan aplikasi zoom seperti biasanya dengan suara yang jelas.

Tersedia banyak pilihan aplikasi meeting virtual, tetapi banyak yang memilih zoom karena mudah untuk dioperasikan. Oleh karena itu, fitur fitur di dalamnya patut untuk dikulik lebih detail agar permasalahan yang sederhana seperti suara tidak tertangkap zoom dapat diatasi. Terdapat 3 cara mudah, yaitu aktifkan fitur Auto Conect to Audio, bersihkan cache aplikasi, dan terakhir merestart ponsel agar aplikasi dapat bekerja normal kembali.