Ingin Video Call WhatsApp Sampai 50 Orang? Simak infonya Disini

by -3 views

Pernah kebayang melakukan video call dengan WhatsApp rame – rame sampai 50 orang? Pastinya bakal seru atau malah ribut. Yang jelas, jika WA bisa berikan fitur ini pastinya telekonferensi bisa sangat terbantu dan cepat. Nyatanya, berita tentang video call WhatsApp ini memang benar adanya. Namun, masih terbatas atau belum resmi dirilis. Buat kamu yang tidak sabaran dan tertarik, berikut beberapa info terkait dengan fitur terbaru WA ini. 

Fitur Hasil Kolaborasi Dengan Messenger Rooms

Sebelumnya, Facebook inc. Mengumumkan fitur Messenger Room yang bisa menampung video call yang mencapai 50 orang. Fitur ini layaknya video call dengan Zoom atau Duo. Meninjau informasi dari WABetaInfo, ternyata Messenger Room ini juga nantinya bisa ditemukan di WA. Hal ini berarti WA akan punya kemampuan untuk melakukan video call hingga 50 orang juga. Per tanggal 18 Mei, informasi penghubungan ini masih dalam status uji coba.  

Masih Diuji Cobakan Pada Whatsapp Beta 

Karena masih dalam masa uji coba, hanya segelintir orang yang bisa gunakan fitur Video call (VC) rame – rame ini. Fitur Messenger Room ini hanya bisa ditemukan di WhatsApp beta dengan versi 2.20.163 untuk pengguna android, 2.20.52.6 untuk iOS, dan 2.2019.6 untuk PC. Untuk melakukan video call WhatsApp sampai 50 orang, bisa dengan memilih ikon Messenger Room pada opsi lampiran. Ikon terbaru ini menggantikan ikon kamera di versi WA sebelumnya. 

Yang membedakan adalah nama dan bentuk ikon itu sendiri. Jika sebelumnya bertuliskan video, ikon ini dilabeli dengan nama Room dan berbentuk kamera dengan rantai. Sayangnya Messenger Room baru dirilis pada beberapa negara saja. Jadi, hanya pengguna WA beta pada negara tersebut yang bisa coba akses fitur terbaru ini. Perlu diingat lagi bahwa fitur ini belum dirilis pada publik secara resmi dan masih belum diketahui kapan bisa diakses oleh semua pengguna WA. 

Pengguna Bisa Terhubung Dengan Cara Membagi Tautan Room 

Dilansir dari Tribun Techno, setelah mengetuk pilihan ikon fitur room di Whatsapp beta, maka WA nantinya akan berikan pengantar dan penjelasan mengenai fitur tersebut. Setelah itu Anda bisa melanjutkan dengan memilih Continue in Messenger untuk melakukan video call. Sekali lagi, fitur ini masih dalam masa uji coba dan masih belum banyak informasi tentang video call WhatsApp terkait yang bisa ditemukan. 

Lalu bagaimana dengan mereka yang ingin bergabung dalam video call? Meninjau informasi dari Kompas.com video call bisa dilakukan dengan membagikan tautan rooms atau panggilan yang sedang berlangsung. Tautan tersebut digunakan untuk mengundang peserta untuk bergabung dalam grup yang kemudian diajak untuk video call. Dalam hal ini, tautan tidak menuntut kepemilikan akun. Jadi siapapun bisa gabung dan diarahkan ke messenger untuk melakukan panggilan rame- rame. 

Saingan Baru Untuk Menggeser Popularitas Zoom 

Meskipun belum diketahui kapan waktu rilis resminya atau bagaimana hasil uji cobanya, namun fitur ini digadang akan menjadi rival kuat aplikasi Zoom. Namun, tentu saja tujuan utamanya berbeda. Zoom, Skype, dan Google Meet terkenal akan layanan telekonferensi yang lebih ditujukan untuk profesional. Sedangkan komponen baru untuk video call berjamaah di WA ini ditujukan untuk panggilan berbasis sosial, kasual, atau informal.   

Sebagai Upaya Pencapaian Ambisi Integrasi Facebook Inc. 

Banyak yang mengatakan bahwa penambahan fitur ini untuk video call WhatsApp dengan Messenger Room adalah salah satu upaya Zuckerberg (pemilik facebook inc) untuk gabungkan semua layanan milik facebook.inc. Hal ini termasuk WA, IG, dan Messenger. Tentunya integrasi ini bukan hal yang mudah dan akan butuh waktu yang lama. Karena itu, sebagai pengguna tidak ada salahnya menunggu dan bersabar akan hasil positif dari fitur ini. 

Jika dilihat, fitur yang satu ini pastinya akan sangat dinantikan oleh banyak pengguna WA. Apalagi jika dilihat dengan banyaknya pengguna WA dari seluruh dunia. Ditambah dengan kebutuhan video call yang meluap tajam untuk kebutuhan WFH (Work From Home), PSBB, ataupun lockdown, tidak kaget jika fitur ini akan sangat membantu kebutuhan komunikasi. Tentunya fitur ini diharap akan segera meluncur meramaikan jagat komunikasi dunia.