Group Call Lebih Rame, Line Group Call Bisa Hingga 200 Orang

by -1 views

Sebagai salah satu platform media komunikasi, Line tidak ingin tinggal diam dan tertinggal dengan rival lainnya. Salah satu fitur yang cukup menarik perhatian adalah video call dengan Line. Apa yang membuatnya spesial? pada pembaharuan sistem terbaru, Kamu akan dikagetkan dengan Line group call yang bisa mencapai 200 orang. Dengan komponen ini, pastinya video conference bisa semakin rame. Tertarik? Berikut cara untuk group call rame-rame. 

Inilah Cara Menggunakan Group Call Sampai 200 Orang Yang Perlu Kamu Lakukan

1. Memperbarui Versi Line 

Perlu diperhatikan jika fitur ini cukup baru di platform Line. Jadi, Kamu perlu melakukan update atau memperbarui versi aplikasi yang digunakan. Untungnya untuk melakukan conference call ini bisa dilakukan segala media, baik itu iOS, Android, maupun PC. Aplikasi Line yang bisa digunakan adalah versi 5.1.1.0 untuk Android atau di atasnya, 5.11.0 untuk iOS, 4.5.0 untuk PC atau di atasnya. Sedangkan untuk group video call versi iOS 6.9, Android 6.9.2, dan PC 5.0.0 atau di atasnya. 

2. Masukkan Rekan Dalam Grup  

Yakin sudah punya versi terbaru? Untuk memulai panggilan, pastikan kamu punya satu grup khusus dimana berisi semua anggota yang akan diajak untuk berbicara. Line group call ini bisa mencapai 200 orang, berarti kamu punya kebebasan untuk mengajak rekan sebanyak mungkin untuk bergabung dalam grup. Kamu bisa ajak orang masuk grup dengan link atau tautan yang disebar kepada teman atau rekan. Kemudian, tinggal tunggu mereka untuk bergabung. 

3. Melakukan Panggilan Langsung Dalam Grup 

Berhasil mengajak teman dalam grup? Selanjutnya, pada ruang percakapan kelompok kamu punya tiga pilihan. Melakukan chat secara tertulis, video call, atau voice call. Untuk lakukan group call rame – rame, ketuk saja tombol panggilan yang tersedia di dalam grup. Lalu, tekan tombol start untuk mulai conference call. Rekan atau anggota grup akan mendapat pemberitahuan di layar mereka. Untuk bergabung bisa langsung tekan tombol Join saja. 

4. Group Call Muncul Dalam Bentuk Thumbnail 

Kamu tinggal tunggu agar semua anggota bergabung. Setelah semua sudah ikut dalam panggilan, maka conference bisa Anda mulai. Perlu diperhatikan, karena ada ratusan orang yang bergabung, maka group call akan tampilkan gambar profil atau thumbnail saja. Meski dalam bentuk profil, fitur line group call ini bisa mempermudah mengetahui siapa yang sedang bicara dalam grup. Pengguna bisa lihat simbol bar hijau pada salah satu profil sebagai tanda sedang berbicara. 

5. Memberikan Efek Emosi Untuk Gambar Profil 

Kalau tidak ada pergerakan nggak seru dong! Jangan salah, nyatanya fitur ini hadir dengan tambahan unik untuk meramaikan group call. Pengguna bisa tunjukkan emosi atau ekspresi dengan efek emoji yang tersedia dalam aplikasi. Efek ini akan muncul di dekat thumbnail saat panggilan berlangsung. Jadi, foto profil akan terlihat berekspresi. Pilihan efek ini bisa Anda temukan pada bagian bawah layar. Beberapa efek tersebut adalah kaget, menangis, senang, dll. 

6. Dua Pilihan Layout Yang Tersedia 

Coba deh bayangkan seberapa banyak thumbnail yang muncul saat panggilan bersama 200 orang. Pastinya banyak banget dan berukuran kecil – kecil. Jika kamu kurang nyaman dengan tampilan ini, ada pilihan layout lain yang bisa kamu pakai. Pada tampilan yang kamu gunakan sekarang, semua orang yang ikut dalam panggilan punya ukuran layout yang sama. Kamu bisa bedakan mana yang berbicara dengan bar hijau. 

Line group call tampilan kedua akan membuat orang yang sedang berbicara tampil dengan thumbnail yang lebih besar dari yang lainnya. Jika kamu ingin mengetahui lebih jelas siapa yang sedang berbicara, sepertinya pilihan kedua ini lebih cocok. Cara berganti tampilan layar ini juga tidak sulit. Kamu bisa menggantinya dengan mengetuk ikon panah yang ada di sudut kiri atas selama panggilan berlangsung. 

Secara garis besar, fitur dari Line yang satu ini dirasa akan sangat membantu kebutuhan komunikasi bersama. Terutama jika conference atau pertemuan tidak memungkinkan. Apa lagi dengan keadaan WFH, lockdown, atau permasalahan jarak jauh. Meskipun bukan 100 video call, pemberian efek emosi, dan layout berikan kemudahan untuk berkomunikasi di antara 200 orang yang tergabung. Yang jelas komunikasi akan terasa lebih rame dan asyik.