Sudah Tahu Cara Membuat Instagram Dark Mode ? Cek Disini

by -13 views
Cara Membuat Instagram Dark Mode

Beberapa waktu belakangan, Instagram kembali menghadirkan fitur dark mode sebagai tambahannya. Kehadiran fitur canggih ini pun disambut bahagia oleh para penggunanya, sebab warna gelap membuat indra penglihatan tidak mudah lelah ketika menatap layar gawai terlalu lama. Tertarik mengaktifkan dark mode namun tidak mengetahui caranya ? Tidak perlu panik, berikut cara membuat instagram dark mode bagi pengguna Android dan iPhone. 

Cara mengaktifkan Dark Mode Instagram di iPhone 

Apakah Anda adalah pengguna iPhone dan tertarik merasakan bagaimana sensasi dan ingin mendapatkan pengalaman menggunakan fitur terbaru satu ini ? Sebelum mengaktifkannya, pastikan smartphone telah dibekali dengan sistem operasi (iOS) 13 sebagai persyaratan utama yang harus dipenuhi. Apabila iPhone kesayangan belum menggunakan sistem operasi tersebut, silahkan unduh terlebih dahulu sebelum memperbarui aplikasi Instagram

Bagi iPhone yang telah dibekali sistem iOS 13, bisa langsung mengaktifkan mode gelap tersebut dengan melakukan beberapa langkah terlebih dahulu. Pertama tama, silahkan pilih menu setting untuk kemudian masuk ke menu Display. Disanalah pengguna akan diberikan dua opsi yaitu mode gelap dan mode terang, lalu tunggulah beberapa saat hingga jendela Instagram berubah menjadi gelap.

Cara membuat Instagram dark mode belum selesai sampai disana, karena Anda harus install ataupun mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbarunya. Ketika proses update telah berhasil dilakukan, secara otomatis fitur tersebut akan aktif sesuai dengan pilihan mode yang digunakan. Jangan cepat puas terlebih dahulu, karena Anda perlu menyesuaikan diri apakah mode gelap tersebut sesuai dengan kebutuhan ataukah tidak.

Sebab sebagian orang beranggapan bahwa mode gelapnya membuatnya sulit melihat dengan jelas, alhasil mereka lebih senang mengenakan mode terang seperti semula. Bagaimana cara mengembalikan mode terang seperti versi aslinya ? Anda bisa mengikuti seperti langkah pertama, kemudian hanya perlu mengganti opsi dari mode gelap ke mode terang. Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah pergantian warna jendela Instagramnya. 

Cara mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android

Fitur canggih ini tidak hanya berlaku bagi pengguna iPhone semata, sehingga pengguna Android pun dapat merasakan keseruannya. Sebab sejak awal kemunculannya, diberitakan bahwa fitur ini hanya dihadirkan khusus bagi pengguna iPhone semata. Mendengar berita tersebut, pengguna Android sempat berkecil hati. Namun kabar gembiranya kini fitur canggih ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android. 

Sebelum mencoba cara membuat Instagram dark mode, pastikan bahwa smartphone Android kesayangan telah dibekali dengan sistem operasi Android 10. Sedangkan smartphone yang masih dibekali dengan sistem operasi Android 9 (Oreo) kebawah, tampaknya harus mengurungkan niat untuk bisa mengubah tampilannya menjadi mode gelap. Oleh karenanya, silahkan update sistem operasinya terlebih dahulu untuk bisa mengaktifkannya. 

Sebab sistem operasi ini telah didukung untuk fitur dark mode system wide. Bagi Anda yang menggunakan smartphone besutan Samsung yang telah dibekali dengan One UI, maka fitur terbaru dari Instagram ini sudah bisa diterapkan. Dengan kata lain, fitur unik satu ini hanya bisa diterapkan pada smartphone yang telah dilengkapi skin maupun antarmuka untuk mendukung dark mode. 

Sedangkan pengguna Android dengan sistem operasi 10, bisa langsung mencoba mengaktifkannya dengan mengikuti beberapa langkah. Pertama tama silahkan masuk ke menu setting dan pilih opsi Display, kemudian klik night mode lalu aktifkan. Ternyata langkah mengaktifkan mode gelap tidaklah sesimpel itu, karena ada beberapa langkah lainnya yang perlu dilakukan untuk memunculkan efek gelapnya. 

Untuk bisa mengaktifkan fitur canggihnya, silahkan ikuti cara membuat Instagram dark mode selanjutnya terlebih dahulu. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu mengunjungi Google Play Store lalu scroll ke bawah untuk menemukan sebuah kolom bertuliskan “you’re a beta tester”. Setelah berhasil menemukannya, klik join beta dan tunggu beberapa saat hingga muncul unduh Instagram versi Beta. 

Kemudian Anda akan diminta memperbarui atau mengupdate Instagram versi Beta ke versi full. Ketika semua langkah telah dilakukan, barulah fitur mode gelap dapat diaktifkan. Sebelum menetapkannya sebagai fitur terbaik, ada baiknya mencoba mengulik fitur tersebut dengan mencobanya membuka mulai dari jendela utamanya, memasuki kolom pencarian, hingga ke menu pengaturan lainnya. 

Cara ini dilakukan untuk mendapatkan pengalaman selama menggunakan mode hitam, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan ataukah tidak. Jika dirasa kurang cocok menggunakannya, Anda bisa merubahnya kembali sesuai dengan cara pertama. Usai berusaha mengaktifkannya sesuai dengan langkah yang dianjurkan, bukankah cara membuat Instagram dark mode cukup mudah dilakukan ? 

Instagram termasuk salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh para generasi milenial. Bukan hanya tampil menarik dan user friendly semata, namun disini pengguna akan dimanjakan dengan aneka fitur canggih yang salah satunya adalah mode gelap. Bahkan kemunculan fitur ini pun langsung menjadi trending dan hangat dibicarakan masyarakat dunia. Tampilan dengan warna gelap ini, membantu pengguna melihat layar smartphone lebih nyaman.