Miliki Filter Unik Dan Kekinian, Yuk Intip 6 Cara Membuat Filter Di Instagram

by -9 views
Cara Membuat Filter Di Instagram

Mempercantikan unggahan di sosial media selalu jadi poin penting yang diperhatikan oleh banyak orang. Itulah sebabnya banyak filter yang dibuat oleh para pengguna Instagram, baik untuk postingan maupun stories. Tidak heran, banyak yang ingin membuat suatu filter yang cocok dengan karakter atau ciri khasnya agar lebih unik. Cara membuat filter di Instagram ini memanfaatkan aplikasi atau software eksternal yang mudah diinstal. Yuk cek caranya di sini!

Cara Mudah Membuat Suatu Filter Instagram

Mengunduh Spark AR Studio

Aplikasi satu ini memfasilitasi anda yang ingin membuat suatu filter baru untuk akun Instagram. Spark AR Studio bisa diperoleh dengan mudah dan gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Yang tidak kalah penting, tersedia untuk berbagai sistem operasi, sehingga cocok untuk berbagai pengguna. Terdapat pula sample project, sehingga anda bisa mengenal filter yang telah dipakai di Instagram atau sekadar mencari inspirasi.

Siapkan Objek yang Diinginkan

Dari sample project yang telah tersedia, anda bisa membukanya satu per satu. Dengan begitu, akan memiliki ide khusus untuk membuat suatu filter yang unik. Anda bisa membuat sesuai dengan karakter atau ciri khas yang ingin ditonjolkan. Tak kalah penting, para pengguna Instagram juga bisa menambahkan berbagai objek lain untuk mempercantik filter anda. dengan begitu, harus lebih dulu menyiapkannya sebelum memulai project.

Pertama tama, anda harus menyiapkan objek tambahan dengan format PNG atau gambar yang tidak memiliki latar belakang. Cara membuat filter di Instagram ini bisa anda mulai dengan mengedit gambar atau objek melalui Photoshop, Adobe Illustrator, atau aplikasi lain yang relevan. Melalui proses editing ini, anda dapat memodifikasi atau menghilangkan latar belakang gambar. Setelah itu, anda dapat masuk ke Spark AR Studio untuk memulai Project.

Cara Menambahkan Objek di Filter

Setelah klik Create Project, anda dapat menambahkan objek yang telah disiapkan ke dalam filter. Caranya, cukup klik tombol Add Asset yang ada di panel sebelah kiri dan ada di bagian bawah. Layar kan menampilkan banyak pilihan, lalu pilihlah Animation Sequence dan beri nama pada layer tersebut. Untuk memasukkan objek, anda cukup klik tombol Choose File di panah bagian kanan. Tahap akhir di poin ini, yaitu menambahkan objek yang anda inginkan.

Tambahkan Face Tracker

Filter yang telah dibuat tentu ingin dipakai oleh semua orang, sehingga harus ditambahkan face tracker. Cara membuat filter di Instagram ini memfasilitasi Face Tracker dengan cara klik kanan di panel Scene. Setelah itu, pilih tab dengan tulisan Add dan klik Face Tracker yang ada di urutan paling atas. Lalu, klik kanan di pilihan tersebut dan klik tombol Add serta Plane. Berikan nama di Plane yang telah dipilih dan layar akan menampilkan preview hasil kerja.

Tak hanya memberikan Plane, anda juga harus mengatur tata letaknya agar sesuai dengan objek yang ditambahkan. Pengaturan letak Plane dapat dilakukan dengan klik Plane yang telah dibuat di panel Scene. Setelah itu, tekanlah tombol Pause di menu bagian kiri dan gerakkan Plane di tempat yang anda inginkan seperti di kepala, wajah, atau lainnya. Tak hanya mengatur tata letak, anda juga bisa mengatur besar kecil atau ukuran Plane.

Berikan Tekstur pada Plane

Tak hanya besar kecil dan letak, ternyata Plane juga memiliki tekstur yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pembuatnya. Cara membuat filter di Instagram ini bisa dilanjutkan dengan Shader Type yang ada di panel sebelah kanan layar. Tersedia pilihan Flat, Standar, Physically Based, Face Paint, atau Blended. Setelah itu, tahapan ini dapat diselesaikan dengan klik opsi Texture dan tekanlah Choose File lalu pilihlah gambar yang telah disiapkan sebelumnya.

Export dan Publikasikan

Tahapan untuk membuat suatu filter sudah selesai dan bisa diakhiri dengan export ke Instagram. Anda cukup menekan tab File dan klik Export di bagian bawah. Setelah itu tekan tanda centang di semua pilihan yang tersedia. Teken tombol Export, pilih tempat untuk menyimpan dan berikan nama. Lalu bukalah browser dan masuk ke laman Sparkarhub di Facebook untuk mengunggah filter yang telah dibuat. 

Tekanlah tombol Upload Effet dan pilihlah Instagram untuk memberikan nama pada filter yang telah diunggah. Lalu tekan Next sebagai tahap akhir cara membuat filter di Instagram ini. Tidak lupa untuk menambahkan gambar sebagai ikon filter melalui Effect Icon dan centang legalitas di Agreement. Proses terakhir ini berarti filter telah terunggah di Instagram dan bisa dipakai para pengguna. Anda dapat mempublikasikan dan meminta feedback dari teman teman.

Instagram telah lama meluncurkan fitur stories untuk menampung cerita para pengguna setiap harinya. Waktu tayang stories ini hanya 24 jam dan keesokannya akan hilang secara otomatis. Akan tetapi, tayangan tersebut dapat dipercantik dengan filter yang telah tersedia atau membuatnya secara personal. Anda dapat membuatnya sesuai karakter dengan 6 cara yang sangat mudah dengan aplikasi Spark AR Studio. Sudahkah anda mencobanya?