Cara Berbagi Pulsa Indosat Anti Ribet Ke Temen, Kamu Wajib Tahu

by -32 views
Cara Berbagi Pulsa Indosat Anti Ribet

Di zaman yang serba mudah seperti saat ini, berbagai pulsa ke teman atau keluarga bukan menjadi masalah. Setiap provider sudah memfasilitasi akan kebutuhan tersebut, begitu juga dengan Indosat. Berbagi pulsa ke teman atau keluarga hanya dalam genggaman bisa dilakukan dengan beberapa cara berbagi pulsa indosat berikut. Selengkapnya simak ulasannya.

Syarat dan Ketentuan Transfer Pulsa

Sebelum melakukan bagi pulsa, pastikan nomor pengguna telah memenuhi ketentuan yang diatur oleh Indosat. Dimana, fitur ini bisa dinikmati untuk kamu yang sudah menggunakan kartu Indosat dan aktif dalam kurun waktu 180 hari. Artinya untuk kamu yang masih baru saja menjadi pengguna Indosat dan belum 6 bulan, maka kamu belum bisa menikmati layanan ini.

Jangan lupa untuk cek saldo pulsa apakah mencukupi untuk melakukan transfer atau tidak. Perhatikan juga jumlah sisa pulsa setelah melakukan bagi pulsa. Sebab nomor pengirim pulsa harus memiliki sisa pulsa minimal Rp 5.000 setelah pengiriman pulsa. Sedangkan nominal maksimal pulsa yang harus dikirimkan ke pengguna lain sebanyak Rp 200.000 per hari. 

Cara Transfer Pulsa Indosat Via SMS

Setelah memenuhi syarat nominal di atas, langsung saja kita bahas cara berbagi pulsa Indosat Ooredoo melalui SMS. Caranya cukup mudah, kamu cukup mengirimkan pesan SMS ke nomor 151. Pesan yang dituliskan harus sesuai format yang telah ditentukan oleh Indosat Ooredoo, agar pulsa yang dikirim dapat sampai pada tujuan.

Format dari Indosat adalah TRANSFERPULSA[spasi]NOMOR HP TUJUAN[spasi]NOMINAL PULSA YANG DIKIRIM lalu kirim ke nomor 151. Contohnya kamu akan berbagi pulsa ke NO HP 085324189766 dengan nominal Rp10.000, maka format yang harus dituliskan seperti TRANSFERPULSA 085324189766 10000 (tanpa titik di akhir).

Ikuti petunjuk selanjutnya melalui SMS yang akan kamu terima selang beberapa menit setelah mengirim SMS. Kamu akan mendapatkan SMS yang berisi token untuk mengkonfirmasi pengiriman pulsa. Untuk melakukan konfirmasi, silahkan balas SMS dengan pesan sesuai format konfirmasi yaitu OK[TOKEN] lalu kirim ke 151. Misalnya token yang didapat 12345 maka balas SMS dengan OK12345 lalu kirim ke 151. 

Selang beberapa detik, kamu akan menerima SMS notifikasi sukses transfer pulsa. Jika belum menerima SMS notifikasi, bisa jadi transfer pulsa gagal. Silahkan cek ulang saldo pulsa pengirim apakah berkurang atau tidak. Jika berkurang, coba hubungi counter Indosat Ooredoo terdekat. Kamu yang menikmati layanan ini, juga dikenakan biaya sejumlah 600 rupiah.

Cara Transfer Pulsa Indosat Via UMB

Cara berbagi pulsa Indosat Ooredoo anti ribet berikutnya melalui dial UMB. Layanan dengan UMB memiliki perbedaan dengan cara transfer pulsa via SMS. Via UMB memiliki dua cara berbagi pulsa untuk nomor prabayar dan pascabayar. Sebelumnya, pastikan jika semua ketentuan yang diberlakukan sudah kamu penuhi terlebih dahulu.

Langkah pertama kamu bisa melakukan berbagi pulsa via UMB dengan membuka menu panggilan pada hp. Ketikkan format yang telah disediakan Indosat Ooredoo. Untuk nomor prabayar seperti IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo, ketik *123*7*2*3*1# lalu tekan “call” atau “ok”. Setelah itu bisa mengikuti petunjuk selanjutnya.

Balas notifikasi yang muncul dengan ketik angka “1” lalu kirim. Kamu akan diminta memasukkan nomor tujuan penerima pulsa. Langsung saja masukkan nomor tujuan dengan teliti, jangan sampai salah. Petunjuk berikutnya, kamu diminta memasukkan nominal pulsa yang akan ditransfer. Silahkan ketikkan besaran nominal pulsa yang dibagikan, lalu tekan kirim.

Kemudian kamu akan dimintakan konfirmasi apakah nomor tujuan dan besaran nominal sudah benar. Jika sudah benar, ketikkan angka “1”, jika masih salah, coba ulangi dari awal. Transfer pulsa akan diproses dan tunggu sampai pulsa di nomor tujuan masuk. Dimana nomor pengirim pulsa biasanya akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.

Jika belum masuk dan tidak ada notifikasi, kemungkinan proses transfer pulsa gagal. Coba ulangi cara berbagi pulsa Indosat dari awal. Jika masih belum berhasil, disarankan untuk menghubungi pihak Indosat baik via online melalui call center (021) 30003000 atau hubungi counter Indosat terdekat.

Sementara untuk kartu Indosat Ooredoo pascabayar memiliki cara yang sama, hanya berbeda format. Setelah membuka menu panggilan, ketikkan format *123*7*1*6*1# lanjut tekan “ok”. Langkah kedua ketik angka “1”, lalu kirim. Masukkan nomor tujuan transfer pulsa dan tekan kirim.

Notifikasi berikutnya diminta memasukkan nominal pulsa yang akan ditransfer. Ketikkan besaran nominal transfer. Muncul konfirmasi data yang telah diisi. Jika data sudah benar, konfirmasi dengan angka “1”. Bagi pulsa sedang diproses. Tunggu sampai ada notifikasi dan pulsa berhasil masuk. Mudah sekali bukan cara berbagi pulsa Indosat?

Nah itulah cara transfer pulsa Indosat Ooredoo ke sesama pelanggan. Pastikan nomor penerima pulsa masih berada dalam masa aktif yang berlaku. Jika tidak, maka transaksi bagi pulsa akan gagal. Hal yang sama berlaku kepada pengguna yang mengirimkan pulsa. Nomor pihak pengirim pulsa harus masih berada dalam masa aktif yang berlaku.