3 Cara Memprogram TV Parabola Yang Tidak Ada Sinyal

by -47 views
cara memprogram tv parabola yang tidak ada sinyal

Parabola menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang banyak digunakan. Parabola berguna sebagai receiver TV dari satelit digital agar menampilkan saluran yang lebih bagus. Selain itu jika terjadi kerusakan, pengguna bisa mencari cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal melalui receiver ini. Untuk informasi lebih lanjut, berikut informasinya!

Baca juga: Cara Menyadap Wa Jarak Jauh Tanpa Root, Dijamin Tak Ketahuan

Penyebab Parabola Tidak Keluar Sinyal

Internet menjadi rujukan ketika terjadi kerusakan pada parabola yang Anda miliki. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ada error yang terjadi pada sektor lainnya. Salah satu tanda kenapa parabola mengalami masalah yaitu tidak keluar sinyal ketika coba tracking di komponen lnb dan switch. Mungkin hal ini menjadi pertanyaan yang sering dikeluhkan oleh pengguna.

Karena alasan tersebut, banyak yang mencari faktor penyebab kerusakan ini. Yang paling sering terjadi ketika ada masalah di parabola yaitu disebabkan oleh kesalahan memprogram receiver. Untuk itu Anda harus melakukan tracking parabola dengan benar. Sebab jika tidak memperhatikannya dengan baik, maka parabola akan kehilangan sinyalnya.

Jika Anda sudah mencoba tahap tracking dan sinyal tidak kunjung keluar, maka bisa mengecek komponen lainnya. Salah satu cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal yaitu fokus pada receiver yang terkait instalasi antena parabola. Apabila Anda menggunakan 2 lnb, maka pengaturan instalasinya adalah palapa di lnb 1 dan telkom pada lnb 2. Hal ini untuk menyinkronkan sinyal yang ada.

Setelah mengecek komponen tersebut, Anda bisa memastikan frekuensi yang digunakan. Hal ini untuk memastikan apakah terjadi perubahan frekuensi pada channel yang dicari atau memang kendala teknis. Misalnya jika kehilangan salah satu channel di satelit palapa, berarti Anda harus mencari frekuensi terbaru di satelit telkom

Tidak hanya itu saja, kabel juga menjadi salah satu kerusakan yang sangat berpengaruh pada parabola yang kehilangan sinyal. Misalkan Anda menggunakan kabel bawah untuk tracking, ada baiknya jika tidak memutus kabel dari atas. Biasanya para teknisi akan menggunakan cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal dengan memutus kabel sekitar 2 meter untuk dites trackingnya.

Penyebab TV Gagal Menangkap Sinyal

Bagi Anda yang secara tiba tiba mengalami kerusakan karena gagal menangkap sinyal, biasanya terjadi akibat tidak memperhatikan konektor di receiver ke antena parabola. Hal ini membuat konektor terlepas. Jadi Anda harus memperhatikan konektor yang ada di receiver tersebut. Kemudian lihatlah  sinyal yang ada di receiver parabola yang Anda miliki.

Sebagai acuan apakah receiver tersambung dengan antena atau tidak, maka Anda bisa melihat intensitas sinyal. Apabila intensitas menunjukkan pada angka 0 %, kemungkinan terjadi kerusakan pada bagian komponen switch atau kabel parabola. Namun, ketika intensitas sinyal masih ada sekitar 40 sampai 50%, maka receiver masih dalam keadaan terhubung.

Tips Mudah Untuk Memprogram TV yang Sinyalnya Hilang

TV parabola yang tidak ada sinyal bisa terjadi karena dua kemungkinan. Yang pertama ada  kerusakan pada program dan yang kedua ada kerusakan pada komponen. Hal inilah yang membuat TV gagal terhubung dengan sinyal parabola. Selain itu ada juga penyebab lainnya karena terjadi perubahan frekuensi. Untuk itu, Anda harus tahu cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal.

Jika frekuensi berubah, Anda hanya perlu memogram tv parabola saja. Sedangkan ketika sinyal beberapa stasiun TV hilang semua, maka Anda harus mengecek beberapa komponen yang ada di TV, seperti instalasinya. Apabila Anda menggunakan TV yang menggunakan satelit palapa atau nex parabola, maka aturlah program ke satelit telkom 4 agar mendapatkan sinyal.

Untuk memprogram TV di bagian instalasi, Anda harus mengetahui beberapa pengetahuan dasar yang spesifik tentang gejalanya, seperti tracking parabola. Setiap receiver parabola memiliki fungsi program yang tidak jauh berbeda. Hal ini juga akan terjadi pada merek merek tertentu, baik itu venus, matrix, taraka dan yang lainya.

Setelah memastikan tracking parabola, Anda bisa melanjutkannya dengan mengecek sambungan konektor kabel. Silahkan lepas kabel antena dari receiver, lalu perhatikan pemasangan konektor apakah sudah benar. Anda juga harus memastikan jika tidak terjadi konslet dengan ground nya. Hal ini bertujuan agar cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal bisa berhasil.

Selanjutnya, pastikan apakah tembaganya tidak berkarat dan sudah terpasang dengan baik dan kencang. Jika sudah di cek semua, lakukan pemeriksaan yang sama di konektor lnb dan diseq. Ketika pengecheckan di lnb, pastikan untuk tidak mengubah posisi antena parabola agar fokus antena tidak bergeser dan arahnya tidak berubah.

Memperbaiki sinyal yang hilang pada parabola memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, ada beberapa pengetahuan dasar yang harus dimiliki agar tidak salah pada instalasinya. Anda bisa memulai untuk memprogram sinyal parabola yang hilang dengan memastikan kondisi konektor kabel. Selain itu, cek juga indikator, receiver, lnb, dan parabolanya sendiri.