5 Cara Memindah Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi, Tanpa Ribet!

by -147 views
Cara Memindah Aplikasi Ke Kartu SD Xiaomi

Kebanyakan smartphone bisa melakukan pemindahan aplikasi secara manual. Namun, hal ini tidak tersedia pada ponsel pintar besutan Xiaomi salah satunya pada tipe Hp Xiaomi Redmi. Sebab, MiUi tidak memberikan fitur pemindah tersebut dan membuat banyak orang masih bingung. Lantas bagaimana solusinya? Tidak usah khawatir, karena ada beberapa cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi, seperti berikut ini!

Tips dan Trik Yang Bisa Diterapkan Untuk Memindahkan Data Apps ke Memori SD Card Xiaomi

Memindahkan Apps ke SD Card Dengan Pemindah Aplikasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan bantuan aplikasi pemindah aplikasi untuk memindahkan ruang penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal. Cara ini dijamin berhasil 100% sekali coba saja. Langkah ini bisa dilakukan tanpa root dengan menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store. Namun, Anda perlu memilih Apps atau aplikasi baru yang tidak memerlukan root di ponsel pintar Anda agar lebih aman.

Baca Juga: Mau Tahu Cara Mengecek Garansi Xiaomi? Yuk Cek Informasinya Disini!

Salah satu rekomendasi aplikasi yang bisa diinstal yaitu Link2SD atau AppMgr iII. Setelah memasangnya, Anda hanya perlu memilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke memori eksternal. Langkah ini bisa dibilang cukup cepat dan mudah yang bisa Anda pilih. Sebab, Anda hanya perlu mengunduh apps tambahan dan secara otomatis akan berpindah.

Baca Juga:  4 Penyebab Suara Kita Tidak Terdengar di Zoom dan Cara Mengatasinya

Memindahkan Data Aplikasi ke Memori SD Card Xiaomi

Langkah selanjutnya, Anda bisa memindahkan data aplikasi yang diinginkan. Cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini bisa Anda lakukan dengan memasang aplikasi langsung dari SD Card. Sehingga, data file serta apk dari aplikasi akan tertinggal di kartu memori eksternal. Ada beberapa langkah untuk melakukan cara ini agar berhasil.

Salah satunya, Anda bisa memindahkan folder yang ada di memori internal ke eksternal sebenarnya. Meskipun terlihat sepele, tetapi resiko kegagalannya cukup besar. Sehingga sebaiknya bukan hanya pindah aplikasi ke SD card saja, tetapi install langsung dari kartu SD Card. Dengan begitu, Anda bisa memindahkannya tanpa kesalahan.

Menggunakan Aplikasi Penyimpan Data Online

Sebenarnya aplikasi yang dipindahkan ke memori eksternal tidak sepenuhnya akan berpindah. Jika Anda tidak memiliki memori SD card di smartphone, maka file foto dan video serta file selain aplikasi bisa dipindah ke penyimpanan online. Penyimpan data online ini akan memudahkan Anda untuk mengosongkan memori internal tanpa memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi.

Baca Juga: Mudah dan Praktis, 6 Cara Cek Kapasitas Baterai Xiaomi

Namun jika cara cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini dirasa kurang efektif dan tidak sepenuhnya berhasil, ada baiknya menggunakan cara pemindah apps dengan root. Namun perlu diingat, Xiaomi sendiri sudah memberikan peringatan bahwa cara ini berbahaya untuk ponsel pintar, terutama penggunaan aplikasi. Tetapi jika terdesak, maka bisa memilih cara root.

Memanfaatkan Memori Internal Khusus Untuk Aplikasi

Karena tidak ada cara memindahkan aplikasi ke sd card di beberapa tipe HP Xiaomi tanpa root, maka alternatif yang dapat Anda pilih yaitu dengan melakukan optimalisasi. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara membersihkan data data yang ada di ponsel pintar. Misalnya saja, file, foto, video, dan yang lainnya dari memori internal.

Baca Juga:  Mudah dan Praktis, 6 Cara Cek Kapasitas Baterai Xiaomi

Dengan begitu, memori internal akan lebih longgar tanpa perlu pindah aplikasi ke SD card. Namun jika cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini masih belum efektif, maka bisa mengunduh apps tambahan atau secara online. Karena dalam banyak hal, untuk memindahkan aplikasi ke dalam SD card sendiri membutuhkan ketelatenan agar berhasil.

Menggunakan Cara Root HP Xiaomi Sebagai Solusi Terakhir yang Bisa Dipilih

Proses pemindahan apps ke memori eksternal memang membutuhkan proses yang tidak singkat. Namun jika dilakukan secara benar, tentu keberhasilan akan tercapai. Perlu diketahui, keberhasilan yang bisa dijamin yaitu pada kartu SD berkualitas tinggi. Apabila menggunakan kartu SD yang abal abal, bisa saja apps tidak akan berjalan dengan maksimal.

Bahkan ada beberapa kasus yang dapat membuat kartu sering error dan hang. Jika cara memindahkan apps ke memori eksternal tanpa menggunakan root masih belum berhasil, maka root menjadi jalan terakhirnya. Cara memindah apps ini memang sering direkomendasikan karena banyak orang yang tidak sabaran. Sayangnya, cara ini memiliki risiko tersendiri.

Root ini merupakan teknik untuk membongkar sistem smartphone agar bisa diotak atik. Namun, cara memindah aplikasi ke kartu SD Xiaomi ini sangat berisiko bagi pengguna ponsel pintar. Jika Anda gagal melakukan perubahan sistem, maka dampak terburuk yang bisa didapat adalah HP menjadi rusak. Tak kalah pentingnya, garansi tidak akan berlaku jika HP sudah pernah diroot.

Baca Juga: Yuk Intip Cara Mengirim File Lewat Shareit dari HP ke HP

Cara memindahkan apps ke memori eksternal memang bisa dibilang gampang gampang susah dan hal ini membutuhkan proses yang cukup panjang. Hal ini tergantung dengan jenis aplikasi yang Anda install di smartphone. Namun, Anda bisa saja berhasil memindahkannya tanpa ribet jika memiliki kartu SD yang Anda miliki berkualitas tinggi dan tidak abal abal.

Baca Juga:  Ingin Tahu Cara Kirim Pulsa Telkomsel Ke Indosat? Yuk Cek Disini!

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu SD?

1. Buka Menu Setting Atau Pengaturan Pada Hp Xiaomi Anda
2. Pilih Atau Klik Menu Aplikasi Dan Akan Muncul Daftar Aplikasi Anda
3. Pilih Aplikasi Yang Mau Anda Pindahkan Ke Kartu SD
4. Pilih App Info
5. Pilih Pindah ke SD Card
6. Selesai

Mengapa tidak bisa memindahkan aplikasi ke memori eksternal?

Alasan kenapa aplikasi tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal atau SD Card, hal ini dikarenakan aplikasi belum dipartisi. Coba untuk partisi aplikasi anda terlebih dahulu.

Kenapa kartu memori tidak terbaca?

Saat kartu memori atau sd card tidak bisa terbaca pada smartphone anda. Coba terlebih dahulu pasang kartu memori tersebut ke smartphone lainnya, jika setelah dipindahkan pada smartphone lain ternyata dapat terbaca. Maka kemungkinan masalahnya terdapat pada slot memory card pada smartphone anda, coba konsultasikan dengan service center pada merk smartphone yang anda gunakan.

Apakah aplikasi bawaan bisa Dipindah ke SD Card?

Walaupun pada saat ini sudah bisa memindahkan aplikasi ke SD Card, akan tetapi aplikasi bawaan yang telah terinstall pada smartphone tidak bisa dipindahkan ke SD Card

Apakah Semua Aplikasi bisa Dipindah ke SD Card?

Saat ini OS Android sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang mana anda bisa memindahkan aplikasi ke SD Card tapi ternyata tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke SD Card

No More Posts Available.

No more pages to load.