4 Cara Mencari Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

by -9 views
cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom

Dalam penggunaan sebuah saluran televisi tak jarang ada yang menggunakan suatu satelit. Yang mana para pengguna tentunya sudah tidak asing dengan nama Palapa dan Telkom. Kebanyakan pemirsa yang memiliki saluran berbasis satelit kesulitan untuk melakukan tracking atau mencari sinyal. Namun, sebenarnya banyak alternatif dalam cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom. Simak pembahasannya, disini!

Tracking Sinyal Parabola Palapa dan Telkom

Sebelum membahasnya lebih lanjut mengenai cara mencari sinyalnya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu satelit palapa dan telkom. Umumnya, satelit palapa menjadi salah satu pilihan satelit yang banyak orang gunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan antena parabola palapa dalam saluran televisi memberikan keunggulan tersendiri, yakni memiliki jangkauan yang sangat luas.

Baca juga: 3 Cara Memprogram TV Parabola Yang Tidak Ada Sinyal

Dalam jangkauan palapa ini mulai dari keseluruhan daerah di Indonesia hingga ke negara tetangga. Tak hanya itu, jenis parabola ini mempunyai sinyal yang sangat mudah untuk ditemukan. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dikarenakan alat dari parabola jenis ini berada tepat di atas langit Indonesia. Dengan begitu memberikan kemudahan bagi para teknisi yang akan melakukan sebuah perbaikan. 

Sehingga untuk cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom sangatlah mudah dijangkau. Namun, dalam melakukan sebuah tracking ke arah satelitnya perlu dilakukan berhati-hati jika melakukannya sendiri tanpa adanya bantuan teknisi. Bahkan pada kebanyakan kasus yang ada, jika parabola yang bergeser sedikit saja dari tempatnya maka sinyal televisi Anda akan langsung pergi atau menghilang. 

Baca Juga:  Gunakan Virtual Background, Yuk Intip Cara Mengganti Background Zoom di Android

Apa Itu Satelit Palapa dan Telkom?

cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom

Sebenarnya saat ini telah banyak disediakan layanan berupa televisi kabel ataupun aplikasi televisi online. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Indonesia masih banyak yang menggunakan saluran televisi konvensional. Terdapat banyak sekali channel nasional yang ada seperti RCTI, SCTV, MNCTV, Indosiar, TV One, dan masih banyak lainnya yang merupakan pancaran sinyal dari palapa.

Namun, saat ini hampir seluruh siaran yang dimiliki oleh parabola palapa dipindahkan atau digantikan ke parabola telkom. Sebenarnya palapa merupakan satelit komunikasi yang ada di Indonesia dan dioperasikan oleh PT Indosat mulai dari 31 Agustus 2009. Jenis satelit satu ini telah habis masa operasinya per 31 Agustus 2020 dan langsung digantikan dengan seri selanjutnya di palapa. 

Sayangnya, seri terbaru tersebut gagal mengorbit dan bahkan hancur berkeping-keping. Kemudian dinyatakan tak layak beroperasi hingga digantikan dengan parabola telkom. Untuk satelit telkom atau satelit merah putih ini merupakan satelit telekomunikasi geostasioner milik Indonesia yang telah diluncurkan dan dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia mulai dari 7 Agustus 2018.

Pada satelit jenis ini, umumnya cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom sangatlah mudah hanya perlu berhati-hati. Dalam pengoperasian satelit ini yang ada di 108 derajat BT dengan menggunakan berbagai teknologi canggih. Mulai dari memanfaatkan roket peluncur falcon 9 yang diproduksi oleh SpaceX dari Cape Canaveral Air Force Station di Amerika Serikat.

Cara Setting Sinyal Pada Satelit Palapa 

Sebelum melakukan setting pada parabola jenis palapa ini memiliki frekuensi satelit yang berada di 4140 V 3000 dan 3633 H 9921. Yang mana hal tersebut menjadikannya parabola yang memiliki frekuensi terkuat. Nantinya sebelum melakukan proses mencari sinyal Anda dapat memasukkan nilai frekuensi pada palapa. Apabila sudah mendapat sinyal yang maksimal dapat dilakukan scan otomatis. 

Baca Juga:  Ganti Latar Belakang Video Conference di Laptop Dengan Mudah, Yuk Simak di Sini

Saat melakukan setting atau pengaturan pada satelit palapa ini dapat dengan cara menambahkan receiver pada parabolanya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menambahkan satelit palapa pada receivernya. Untuk langkah-langkahnya sendiri tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu memilih menu dan tekan kursor kanan serta akan muncul beberapa pilihan. 

Akan ada pilihan tambah satelit, selanjutnya tekan tombol ok atau 1 pada remote dan langsung ubahlah namanya. Jika sudah terganti langsung tekan tombol menu untuk menyimpan data perubahannya. Usai menambah satelit dilanjutkan dengan menambah saluran, masih pada menu akan muncul pengaktifan saluran dan nantinya Anda dapat melakukan tracking. Sungguh mudah bukan cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom.

Cara Setting Sinyal Pada Satelit Telkom

Berbeda dengan cara sebelumnya dalam mencari sinyal pada satelit telkom menggunakan sebuah positioner. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa saluran yang sebelumnya ada pada parabola palapa dipindahkan pada parabola telkom. Sehingga sangat perlu diketahui bagaimana cara menambahkan saluran pada satelit telkom agar nantinya Anda dapat menyaksikannya berbagai saluran.

Dengan menggunakan positioner dapat berfungsi sebagai penggerak parabola secara otomatif, sehingga mempermudah proses tracking. Pertama kali tambahkan frekuensi setelah itu langsung masukkan frekuensi TP, simbol nilai dan polaritas. Nantinya Anda dapat mengubah arah parabola hanya dengan menggunakan remote. Tahapan ini merupakan cara mencari sinyal parabola palapa dan telkom dengan mudah. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna mencari sinyal pada parabola palapa dan telkom. Dengan melakukan tahapan cara yang benar, nantinya pemirsa dapat menyaksikan dan menikmati berbagai saluran televisi. Yang mana memiliki sebuah kualitas dan tampilan gambar yang sangat baik. Dengan begitu Anda tidak perlu ragu untuk mengakses berbagai situs streaming dari dalam hingga luar negeri.

No More Posts Available.

No more pages to load.