4 Cara Mengirim Video Lewat Google Drive Ke Whatsapp

by -6 views
Cara Mengirim Video Lewat Google Drive Ke Whatsapp

Seperti yang anda ketahui, Google Drive merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file, mulai dari dokumen, foto, dan video. Tahukan anda jika berbagai file yang ada di Google Drive termasuk video dapat dibagikan ke Whatsapp? Berkaitan dengan hal tersebut, berikut informasi tentang cara mengirim video lewat google drive ke Whatsapp.

Apa itu Google Drive?

Cara Mengirim Video Lewat Google Drive Ke Whatsapp
Apa itu Google Drive?

Google Drive merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file. Dokumen, foto, dan video yang diupload tidak akan memakan penyimpanan ponsel atau PC karena Google Drive berbasis online. Anda bisa mengunduhnya jika ingin tersedia secara offline, namun saat ini pihak Google Drive juga sudah menyediakan fitur “tersedia offline”.

Anda bisa memanfaatkan Google Drive dengan sesuka hati, akan tetapi perlu diingat bahwa sistem penyimpanan aplikasi tersebut memiliki batas limit 15 GB. Dengan kapasitas tersebut, anda bisa menyimpan file yang berukuran besar. Namun jika sudah tidak diperlukan maka menghapusnya adalah pilihan yang bijak.

Langkah Mudah Mengirim Video dari Google Drive

Masuk Ke Aplikasi Google Drive

Apabila ingin mengirimnya melalui google drive, anda harus mengupload video tersebut ke dalamnya. Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu melalui Playstore. Akan tetapi, aplikasi ini biasanya sudah terpasang di ponsel jika jenis Hp yang anda gunakan adalah smartphone. Hal tersebut membuat cara mengirim video lewat google drive ke whatsapp ini lebih mudah.

Saat mendownloadnya, segera buka dan lakukan instruksi pemasangan sesuai dengan yang muncul di layar ponsel. Apabila sudah terpasang, selanjutnya anda harus login menggunakan email. Cara ini sangat mudah sehingga tidak akan memakan waktu lama. Lanjutkan proses hingga anda sampai ke halaman depan atau beranda Google Drive.

Baca Juga:  4 Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

 Upload Video

Saat sudah berhasil masuk, tahapan kedua yang perlu dilewati adalah mengupload video yang ingin dibagikan. Lantas bagaimana cara menguploadnya?  Anda hanya perlu menekan ikon bertanda plus (+) yang biasanya berada di pojok kanan bawah. Setelah itu klik menu upload yang memiliki icon garis dan tanda panah ke atas.

Jika sudah, langkah berikutnya adalah memilih video yang ingin anda upload. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu bahwa video tersebut sudah ada di dalam ponsel. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses upload selesai. Perlu anda tahu bahwa semakin kecil file dan semakin lancar internetnya, maka cara mengirim video lewat google drive ke whatsapp semakin mudah.

Baca juga: Video Di Gdrive Tidak Bisa Diputar? Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya Di Sini

Apabila file yang ingin anda upload berukuran besar, lebih baik cari lokasi yang jaringan internetnya bagus. Hal ini akan membuat proses sharing video menjadi lebih cepat. Akan sangat disayangkan jika prosesnya terlalu lama karena pekerjaan anda juga tidak akan cepat selesai. Takutnya di tengah tengah proses jaringannya justru terputus. 

Aktifkan Share Link

Apabila video sudah terunggah sempurna, anda perlu mengaktifkan share link agar tautan yang anda bagikan melalui whatsapp dapat dibuka oleh orang yang bersangkutan. Cara share link ini adalah yang paling praktis dibandingkan dengan bagikan melalui email karena dapat ditempelkan pada berbagai aplikasi dan media.

Cara mengaktifkan share link pertama tama klik menu bagikan dan lihatlah di bagian bawah ada gambar gembok. Setelah anda klik ikon tersebut, akan muncul pilihan kepada siapa anda ingin membagikan file. Jika anda ingin semua orang bisa mengakses link, maka ganti pengaturannya menjadi publik. Bagaimana? Cara mengirim video lewat Google Drive ke whatsapp ini mudah bukan?

Baca Juga:  4 Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Sebenarnya selain publik, anda bisa membagikannya secara terbatas. Nantinya hanya orang orang tertentu saja yang bisa membuka tautan tersebut. Namun anda perlu alamat email orang yang bersangkutan dan memasukkannya satu satu. Cara mengirim video lewat google drive yang satu ini lebih ribet terlebih jika jumlah orangnya banyak.

Copy Link ke Ruang Obrolan Whatsapp

Apabila share link sudah diaktifkan, langkah terakhir yang perlu untuk dilakukan adalah menyalin link nya dan menempelkannya di ruang obrolan Whatsapp. Pilihan salin link bisa anda temukan dengan memencet titik tiga yang ada di video dan scroll hingga menemukan tulisan salin link. Jika sudah, masuklah kembali ke ruang obrolan Whatsapp dan tempelkan.

Pastikan bahwa link yang anda tempel tidak terhapus atau terpotong sebagian. Hal tersebut akan menyebabkan video yang ingin dibagikan tidak dapat dibuka oleh pengakses linknya. Pastikan pula bahwa tahapan ketiga dalam cara mengirim video lewat Google Drive ke Whatsapp tadi, yaitu aktivasi bagi link telah dilakukan dengan baik.

Demikianlah penjelasan tentang tahapan yang perlu anda lakukan untuk berbagi video melalui Google Drive dan mengirimkannya menggunakan whatsapp. Dengan cara ini anda tidak perlu mengirimkan file secara langsung menggunakan whatsapp. Kualitasnya juga tidak akan berkurang dan terpengaruh meskipun file tersebut sangat besar.

No More Posts Available.

No more pages to load.