4 Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

by -8 views
Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Sebagai salah satu perusahaan yang besar Google menawarkan berbagai macam fitur bagi penggunanya. Salah satu yang bisa dimanfaatkan yaitu Google Drive atau layanan cloud. Dengan kapasitas ruang penyimpanan mencapai 15 GB, anda bisa mengakses dan mengirim file, dokumen, video, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengirim video lewat Google Drive? Simak di sini!

Langkah Mudah Mengirim Video Via Google Drive

Cara Mengirim Video Lewat Google Drive
Cara Mengirim Video Lewat Google Drive

Seperti yang diketahui bahwa Google Drive merupakan salah satu aplikasi dari Google yang dapat digunakan oleh para user untuk beberapa kebutuhan. Mulai dari menyimpan beberapa file, foto, video, bahkan dokumen penting lainnya. Untuk kapasitas yang disediakan juga cukup besar karena mencapai 15 GB untuk setiap pengguna Google.

Baca Juga: Cara Menghapus Penyimpanan Google Drive Secara Permanen

Menariknya lagi Google Drive ini dapat diakses melalui PC dan juga smartphone yang terkait dengan akun anda. Berbicara mengenai Google Drive, ternyata aplikasi yang satu ini juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mengirim video dengan ukuran yang cukup besar dengan mudah dan tanpa ribet.

Namun sebelum menggunakan penyimpanan tersebut, pastikan untuk mengunduhnya dan menginstal terlebih dahulu. Setelah itu, anda baru bisa menggunakan akun penyimpanan Google Drive untuk membagikan file file atau dokumen penting serta membagikan video. Anda bisa memilih dua cara untuk berbagi video kepada pengguna lainnya.

Cara yang pertama yang paling mudah untuk diterapkan yaitu melalui ponsel pintar. Sebelum melanjutkan proses ada baiknya untuk masuk ke aplikasi Google Drive yang sudah terinstal di smartphone. Langkah berikutnya, anda harus memastikan identitas yang anda masukkan sudah benar atau belum. Dengan begitu, anda bisa menerapkan cara mengirim video lewat Google Drive.

Selanjutnya, klik ikon + (plus) yang ada di bagian pojok kanan bawah untuk mengupload video yang ingin dikirimkan. Jangan lupa memastikan video mana yang ingin dikirim sebelum mengirimkannya agar tidak salah kirim. Apabila sudah melakukan serangkaian proses tersebut, lanjutkan dengan klik Upload.

Setelah memilih video dan menekan tombol upload, maka tunggu beberapa waktu agar dapat berhasil dikirimkan. Pada tahapan ini, maka file membutuhkan waktu proses upload. Cepat atau lambatnya file atau video yang anda kirimkan kepada pengguna lainnya tergantung besarnya file dan kecepatan internet yang dimiliki.

Baca juga: Video Di Gdrive Tidak Bisa Diputar? Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya Di Sini

Jika proses upload selesai, file video bisa dikirim ke orang orang tertentu dengan cara yang mudah. Anda bisa memilih cara invite email atau share link jika ingin membagikannya ke semua orang. Langkah ini tentunya akan memudahkan pengguna dan mempersingkat waktu agar pihak lain mengetahui file atau video yang anda bagikan.

Selain mengirim melalui perangkat ponsel pintar, anda juga bisa mengirimnya lewat PC. Langkah pertama tentunya buka dulu browser di PC atau Laptop yang anda miliki. Lalu, ketikan di kolom pencarian dengan link https://drive.google.com/drive/my-drive dan masuk ke akun google drive yang dimiliki.

Cara mengirim video lewat Google Drive, maka anda harus menekan tombol ikon plus pada pojok kiri atas dan upload file. Pilih video yang akan dikirimkan atau dibagikan ke pengguna lainnya. Secara otomatis, Google Drive akan memproses upload video yang anda inginkan.  Jika sudah, klik dua kali video pada Google Drive. Kemudian klik tiga titik pada bagian pojok kanan atas dan pilih Bagikan.

Cara Mengirim Video Lewat Email

Cara Mengirim Video Lewat Email
Cara Mengirim Video Lewat Email

Untuk cara video via Google Drive ke Semua Orang bisa dilakukan dengan klik ikon titik tiga yang ada di video. Selanjutnya, anda bisa memilih opsi berbagi link untuk mengaktifkan share link yang ada pada Google Drive. Selanjutnya, anda dapat mengirim link Google Drive tersebut ke siapa saja yang membutuhkan.

Selain dapat mengirim video ke semua orang, ternyata anda juga dapat mengirim video ke beberapa orang tertentu. Caranya hampir mirip yaitu klik ikon tiga titik yang ada di video. Selanjutnya klik menu Bagikan yang ada di layar tersebut. Untuk melanjutkannya, anda diharuskan menuliskan alamat email yang akan dikirimkan video tersebut.

Cara Mengirimkan Video Ke WhatsApp dari Google Drive

Cara Mengirimkan Video Ke WhatsApp dari Google Drive
Cara Mengirimkan Video Ke WhatsApp dari Google Drive

Selain mengirimkan video atau file lewat email, ternyata anda juga dapat menerapkan cara mengirim video lewat Google Drive ke WhatsApp. Untuk melakukan langkah ini tentunya anda harus membuka terlebih dahulu Google Drive dan masuk dengan akun Google yang dimiliki seperti langkah yang sebelumnya.

Jika sudah, anda tetap harus memasukkan video atau upload video yang ingin dibagikan kepada pengguna lain. Namun, jika sudah ada pada Drive, anda hanya perlu klik file anda menyimpannya. Apabila menemukan video pada Drive web, anda bisa klik kanan pada mouse atau laptop kamu dan terdapat pilihan Bagikan.

Untuk anda yang ingin mengirimkan ke WhatsApp, maka bisa memilih klik ikon titik tiga.

Untuk kamu yang ingin melakukannya via smartphone bisa klik ikon titik tiga. Di sini anda akan dihadapkan dengan dua metode pengiriman. Pertama merupakan opsi kirim video lewat email dan yang kedua ada pilihan bagikan lewat Link. Jika ingin mengirimkan ke WhatsApp dan Aplikasi lainnya, maka anda bisa memilih cara bagikan lewat Link.

Tak berhenti sampai di situ saja, sebab cara mengirim video lewat Google Drive lewat link juga ada pilihannya lagi. Opsi ini meliputi link hanya untuk dilihat, bisa untuk diedit, atau bisa juga hanya dapat dikomentari. Tentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Cara tersebut juga berlaku jika anda ingin mengirimkan file, gambar, atau apapun yang ada di Google Drive.

Hal menarik lainnya yang harus anda ketahui yaitu Aplikasi seperti WhatsApp pun memilih Google Drive sebagai pilihan pencadangan berkas atau memori. Dengan fitur ini, maka akan memberikan keuntungan bagi penggunanya jika akun WhatsApp ingin beralih smartphone. Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data ketika mengganti perangkat.

Namun jika ingin memanfaatkan layanan tersebut, pastikan jika anda sudah mencadangkan seluruh data ke Google Drive. Pencadangan tersebut dapat anda lakukan dengan cara menggunakan WiFi maupun data seluler tergantung dengan setelan pada aplikasi WhatsApp. Sesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki agar memudahkan penyimpanan.

Tips Mengirimkan Video Lewat Google Drive di Perangkat Iphone

Tips Mengirimkan Video Lewat Google Drive di Perangkat Iphone
Tips Mengirimkan Video Lewat Google Drive di Perangkat Iphone

Sementara itu untuk cara mengirim video lewat Google Drive di Iphone bisa dilakukan dengan cara membuka aplikasi Google Drive terlebih dahulu. Ketuk + atau tambahkan dan pilih opsi upload. Jika file sudah tersedia di Iphone, anda hanya perlu membuka aplikasi Gmail dan tap tulis pada menu kanan bawah. Kemudian, pilih tap lampirkan untuk memilih file dan tap kirim.

Mengirimkan video melalui Google Drive memudahkan bagi para penggunanya. Selain mudah, pengguna dapat memilih file yang berukuran besar melalui aplikasi yang satu ini. Cukup buka aplikasi Google Drive, pilih video yang ingin dikirimkan. Kemudian, kirim video sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki, baik itu melalui email maupun di kirim ke WhatsApp atau dari perangkat Iphone. 

No More Posts Available.

No more pages to load.