Hit enter after type your search item

Cara Mengirim Video Lewat Email Dengan Mudah dan Anti Ribet

/
/
/
140 Views

Cara Mengirim Video Lewat Email – Mengirim video merupakan salah satu kegiatan yang sudah sangat umum dilakukan saat ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengiriman video melalui aplikasi pesan seperti whatsapp sangat terbatas. Mau tidak mau, anda harus menggunakan platform lain berupa email. Ada banyak cara mengirim video lewat email, berikut ulasannya!

Kirim Video Langsung Dengan Gmail

Di platform Gmail, google telah menyediakan layanan bagi para penggunanya untuk mengirim sejumlah file dengan ukuran total maksimal 25 MB. Kuota tersebut terbilang kecil jika anda menggunakannya untuk mengirim video beresolusi tinggi. Namun untuk video video kecil, anda masih tetapi bisa menggunakannya langsung.

Lantas bagaimana tahapan untuk mengirim video secara langsung melalui Gmail? Tahapan pertamanya adalah dengan membuka halaman Gmail nya terlebih dahulu. Kemudian cari tulisan compose atau tanda plus di pojok kanan bawah jika anda menggunakan ponsel. Setelah itu tambahkan attachment dan pilih file yang anda ingin kirim dan klik open.

Jangan lupa juga untuk isi alamat penerima email dengan benar. Pastikan alamatnya lengkap karena langkah ini termasuk penting dalam tahapan atau cara mengirim video melalui email . Anda juga bisa mengirim video tersebut ke lebih dari satu penerima dengan memasukkan lebih dari satu alamat surel di kolom penerima secara bersamaan.

Langkah terakhir yang perlu ditempuh dalam cara mengirim video lewat email yang selanjutnya adalah klik ikon bergambar pesawat terbang.  Setelah itu, surel yang hendak dikirim akan langsung diteruskan kepada penerimanya. Langkah ini sebenarnya sama saja seperti jika anda mengirim file lain berupa dokumen ataupun gambar, hanya saja kali ini formatnya adalah video.

Menyisipkan File Melalui Drive Ke Email

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengirim file dengan menggunakan email secara langsung hanya bisa dilakukan jika ukuran videonya tidak lebih dari 25 MB. Jika ukurannya lebih dari itu, maka anda bisa memanfaatkan layanan Google Drive. Cara mengirim video lewat google drive ini dapat dilakukan oleh semua orang yang memiliki akun email dengan eksistensi gmail.com.

Google Drive sendiri menyediakan ruang penyimpanan mencapai 15 GB secara gratis. Anda dapat menggunakan ruangan tersebut untuk menyimpan ukuran file video yang ukurannya besar. Karena terkoneksi dengan Gmail, maka file yang anda unggah di Google Drive dapat dikirim dengan mudah. Bahkan cara mengirim video lewat email menjadi lebih sederhana. 

Tahapan pertama yang perlu dilakukan adalah proses pengunggahan video ke ruang Google Drive dengan menekan ikon bertanda plus (+) yang ada di beranda. Kemudian klik menu upload. Setelah itu pilih file yang ingin dikirim dan klik tombol open. Jika sudah, anda hanya perlu menunggunya beberapa saat hingga video terunggah sempurna.

Apabila file sudah masuk ke Google Drive, selanjutnya kembalilah ke aplikasi Gmail. Klik menu compose atau klik ikon plus (+) seperti saat anda hendak mengirim email baru. Pastikan bahwa email yang anda apakah sama seperti email akun Google Drive nya. Selanjutnya klik ikon bergambar klip dan pilih opsi “insert from drive”.

Beberapa saat kemudian akan muncul berbagai file yang telah anda simpan di dalam Google Drive. Langsung saja cari video yang hendak dikirim. Apabila sudah ketemu, klik tombol “send” dan jika muncul pop up pilih “Sharing Options”. Kemudian klik opsi selanjutnya yaitu “Recipient of This Email: Can View”. Dengan begitu, cara mengirim video lewat email melalui Google Drive sudah selesai. 

Mengirim Video Melalui Yahoo dan DropBox

Selain Gmail, Yahoo juga memberikan layanan email kepada para penggunanya. Jika Google Drive terintegrasi dengan Gmail, maka Yahoo Mail terintegrasi dengan Dropbox. Tahapan pertama untuk mengirim video tersebut adalah dengan membuka aplikasi yahoo mail di PC dan klik ikon “tulis”. Setelah itu klik ikon bergambar klip dan pilih opsi “Lampirkan dari Komputer”.

Setelah itu carilah file video yang hendak dikirim. Jika sudah ketemu, klik “Open” untuk mengunggahnya ke yahoo mail. Apabila ukurannya lebih dari 25 MB, maka secara otomatis akan muncul notifikasi di layar PC yang meminta anda untuk melampirkan file tersebut melalui Dropbox. Apabila akun Dropbox anda sudah aktif, langsung saja klik “Ok”, jika belum klik “Create Account”.

Nantinya anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi hingga aktivasi berhasil. Selanjutnya klik “link account” untuk menghubungkannya dengan yahoo. Setelah semuanya beres, cara mengirim video lewat email nya sudah hampir selesai. Anda hanya perlu menunggu hingga proses upload selesai dan klik “kirim”.  Jangan lupa cek sekali lagi alamat penerimanya. Sebenarnya selain menggunakan email, masih banyak cara lain yang bisa digunakan untuk mengirim video. Salah satunya adalah menggunakan whatsapp. Anda dapat membagikan link dengan melakukan share link. Akan tetapi cara tersebut memang tidak terlalu formal terlebih untuk hal hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

Bagaimana cara mengirim video lewat Google Drive?

Cara paling mudah adalah dengan cara menggunakan smartphone
1. Sign in terlebih dahulu ke akun google drive anda
2. Klik Ikon (+) pada bagian pojok kanan bawah
3. Pilih file yang akan unggah ke google drive
4. Setelah itu tekan tombol upload
5. Tunggu beberapa saat dan selesai video berhasil di unggah

Untuk cara lengkapnya anda bisa cek di postingan disini

Bagaimana cara mengirim file berukuran besar lewat email?

Untuk mengirimkan video berukuran besar lewat email, anda bisa menggunakan layanan pada google drive dengan cara.
1. Buka aplikasi gmail
2. Pilih tulis atau create email
3. Klik opsi mengirim dengan google drive
4. Pilih file yang ingin anda unggah
5. Setelah itu tekan tombol upload
6. Tunggu hingga proses selesai dan file berukuran besar dapat dikirim lewat email

Kenapa tidak bisa mengirim file di Gmail?

Biasa file yang tidak bisa dikirim melalui gmail dikarenakan sistem mendeteksi bahwa pada file tersebut terkandung virus atau file berbahaya dan bisa juga dikarenakan file memiliki format file yang dilarang oleh puhak gmail. Ada baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu dengan baik, file yang akan anda unggah

Berapa MB mengirim video di Gmail?

Ukuran file yang di izinkan untuk di unggah pada gmail adalah sebesar 25 MB. Jika anda ingin mengirim video dengan ukuran yang lebih besar anda bisa menggunakan layanan google drive untuk mengungah video tersebut dan dikirimkan melalui gmail

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :